8 Kampus di Jakarta Pusat, Bisa Jadi Rekomendasi

8 Kampus di Jakarta Pusat, Bisa Jadi Rekomendasi
Rekomendasi Kampus di Jakarta Pusat, photo from Coursera

Memilih kampus yang tepat sangat penting karena ini akan memengaruhi pengalaman belajar dan juga karir kamu di masa depan. Dengan memilih kampus yang tepat, kamu bisa mendapatkan beragam keuntungan di antaranya kualitas pendidikan yang baik dengan kurikulum serta fasilitas yang memadai, serta peluang karir setelah lulus. Tentunya, kamu mau kan, kuliah di kampus dengan program yang mendukung pengembangan diri dan keterampilan profesional, serta kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan?

Selain terkenal sebagai pusat bisnis di Jakarta, Jakarta Pusat juga memiliki banyak kampus dengan kualitas yang baik, lho. Intip yuk 8 rekomendasi kampus Jakarta Pusat yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan pendidikan!

Universitas Yarsi

Universitas Yarsi, photo from Universitas Yarsi 

Rekomendasi kampus di Jakarta Pusat yang pertama adalah Universitas Yarsi. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1967, di bawah naungan Yayasan Rumah Sakit Islam Indonesia. Nah, awalnya, kampus ini merupakan sekolah tinggi yang fokus memberikan pengajaran terkait ilmu-ilmu kedokteran dengan nama Sekolah TInggi Kedokteran Yarsi. Seiring berjalannya waktu, beberapa fakultas lain seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, serta Fakultas Psikologi ditambahkan sehingga pada tahun 1989 kampus ini resmi menjadi Universitas Yarsi.

Kampus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar ilmu kedokteran umum serta kedokteran gigi!

Alamat: Menara Yarsi, Jl. Letjen Suprapto No.Kav. 13, RT.10/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510
Fakultas Unggulan: Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi
Website Kampus: https://www.yarsi.ac.id/

Universitas Prof. Dr. Moestopo

Universitas Prof. Dr. Moestopo, photo from Universitas Prof. Dr. Moestopo

Kampus Jakarta Pusat selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan kamu adalah Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beraga). Kampus ini berdiri pada tahun 1962 di bawah Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo, serta memiliki lima fakultas yaitu Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Oh ya, kampus ini juga memiliki visi “Mewujudkan komunitas pendidikan tinggi yang unggul, profesional, dan berintegritas dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokratis, dan sejahtera berdasarkan Pancasila”. Bagus banget ya, visinya?

By the way, Universitas Prof. Dr. Moestopo juga memiliki program Pascasarjana di bidang ilmu politik, ekonomi, dan komunikasi, lho!

Alamat: Jl. Hang Lekir I, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Fakultas Unggulan: Fakultas Kedokteran Gigi
Website Kampus: https://moestopo.ac.id/ 

Universitas Nusa Mandiri

Universitas Nusa Mandiri, photo from Wikipedia

Kampus yang satu ini sebenarnya memiliki lokasi  di banyak tempat, salah satunya Jakarta Pusat. Universitas Nusa Mandiri memiliki fasilitas yang memadai serta metode pengajaran berkualitas tinggi. Maka, nggak heran deh, kalau kampus ini memiliki banyak alumni sukses yang cukup dikenal.

Universitas Nusa Mandiri saat ini memiliki 7 kampus yang tersebar di 4 kota yaitu Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang serta memiliki dua fakultas yakni Fakultas Teknologi Informasi serta Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Alamat: Jl. Kramat Raya No.18, RW.7, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10450
Fakultas Unggulan: Fakultas Teknologi Informasi
Website Kampus: https://www.nusamandiri.ac.id

Politeknik Hang Tuah Jakarta

Politeknik Hang Tuah, photo from Politeknik Hang Tuah

Jika kamu ingin mendalami ilmu seputar kesehatan khususnya keperawatan, Universitas Hang Tuah yang berlokasi di Bendungan Hilir bisa menjadi opsi kamu, nih. Kampus ini berdiri sejak tahun 2018, dan memiliki tiga bidang akademi yaitu Akademi Teknik Gigi, Keperawatan, dan Farmasi yang diselenggarakan oleh Yayasan Nala.

Alamat: Jl. Farmasi No. 1, Kel. Bendungan Hilir, Kec. Tanah Abang, Jl. Bend. Jatiluhur, RT.4/RW.3, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Fakultas Unggulan: Prodi Keperawatan
Website Kampus: http://politeknikhangtuahjakarta.ac.id

STIE & STMIK Jayakarta

STIE & STMIK Jayakarta, photo from Explore Bandung 

Kampus Jakarta Pusat selanjutnya adalah STIE & STMIK Jayakarta yang berdiri pada tahun 1990an oleh Yayasan Dharma Pendidikan Jakarta. Well, awalnya, kampus ini memiliki nama Akademi Manajemen Informatika & Komputer Jayakarta (STMIK Jayakarta). Namun, karena bertambahnya program pendidikan seperti Akuntansi dan Manajemen, kampus ini resmi berubah nama menjadi STIE & STMIK Jayakarta (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi & Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Jayakarta).

Kampus ini berlokasi di Jl. Salemba dengan lima program studi yaitu Manajemen Informatika (D3), Sistem Informasi (S1), Teknik Informatika (S1), Akuntansi 9S1), dan Manajemen (S1).

Alamat: Jl. Salemba I No.8-10, RT.4/RW.6, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430
Fakultas Unggulan: Prodi Sistem Informasi & Manajemen Informatika
Website Kampus: https://www.jayakarta.ac.id/

Universitas Bung Karno

Universitas Bung Karno, photo from Universitas Bung Karno 

Universitas Bung Karno didirikan pada tahun 1999 di bawah Yayasan Pendidikan Soekarno dan diresmikan oleh Presiden Indonesia ke-3, yaitu Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie. Kampus ini terletak Jl. Kimia, Pegangsaan, dan memiliki enam fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Ajaran Bung Karno. Oh ya, kampus ini memiliki motto yaitu “Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah”.

Alamat: Jl. Kimia No.20, RT.10/RW.1, Pegangsaan, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10320
Fakultas Unggulan: Fakultas Hukum
Website Kampus: https://www.ubk.ac.id

Universitas Persada

Universitas Persada, photo from Universitas Persada

Terletak di Jl. Diponegoro, Universitas Persada Indonesia yang juga dikenal dengan Kampus YAI (Yayasan Administrasi Indonesia) memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi serta Fakultas Teknik. Kampus ini juga memiliki dua kampus lainnya yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Akademi Akuntansi yang sama-sama berada di bawah naungan Yayasan Administrasi Indonsia.

Alamat: 2, Jl. Pangeran Diponegoro No.74, RT.2/RW.6, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430
Fakultas Unggulan: Fakultas Ekonomi & Bisnis
Website Kampus: https://upi-yai.ac.id/.

Universitas Bina Sarana Informatika (BSI)

Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), photo from Quipper Campus

Siapa sih, yang nggak kenal dengan BSI? Kampus yang memiliki tagline terkenal “Kuliah? BSI aja!” ini sudah resmi menjadi universitas pada tahun 2018 dan sudah tersebar di 17 wilayah Indonesia, salah satunya Jakarta Pusat. Kampus ini memiliki tiga fakultas dengan 22 program studi, yaitu Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Komunikasi dan Bahasa.

Alamat: Jl. Salemba Tengah No.22, RT.1/RW.4, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440
Fakultas Unggulan: Fakultas Teknik dan Informatika
Website Kampus: http://bsi.ac.id/ 

Wah, ternyata cukup banyak ya pilihan kampus yang ada di Jakarta Pusat. Well, apa pun pilihan kampusnya, pastikan kamu sudah mempertimbangkannya dengan matang demi masa depan kamu, ya!

Pilihan Kost Eksklusif di Jakarta Pusat

Tinggal di kost eksklusif dengan fasilitas lengkap hanya di Cove! Cove memiliki berbagai pilihan hunian di Jakarta Pusat dengan desain kamar aesthetic, untuk menunjang segala kebutuhan kamu.

Mulai dari Rp2jutaan per bulan. 

Selengkapnya tentang Cove Jakarta Pusat