10 Kampus di Jakarta Selatan Wajib Masuk Daftar Pilihan

10 Kampus di Jakarta Selatan Wajib Masuk Daftar Pilihan
Kampus di Jakarta Selatan, photo by Wikipedia

Jakarta menjadi salah satu tempat merantau favorit bagi tak hanya untuk bekerja, tetapi untuk menuntut ilmu. Hampir seluruh wilayah Jakarta memiliki kampus pilihan dengan berbagai jurusan yang dapat disesuaikan dengan minat mahasiswa. Nah, kali ini Cove akan membahas soal kampus di Jakarta Selatan yang mungkin bisa masuk ke daftar pilihan kamu apabila ingin berkuliah di tahun depan. Simak lebih lengkap lewat artikel berikut ini!

Kampus di Jakarta Selatan

Unversitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta (UPN “Veteran” Jakarta)

Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta, photo by UPN Veteran Jakarta

UPN Veteran Jakarta dikenal sebagai kampus bela negara yang termasuk ke dalam kategori universitas negeri. Letaknya berada di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kampus di Jakarta Selatan ini belum lama berubah status menjadi universitas negeri. Sebelumnya UPNVJ merupakan kampus kedinasan di bawah Kementerian Pertahanan.

UPNVJ saat ini memiliki 7 fakultas dengan 20 jurusan di dalamnya. Di antara lain ialah Fakultas Hukum, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Komputer, Kedokteran, Ilmu Sosial dan Politik, serta Ilmu Kesehatan. Untuk masuk ke UPNVJ ini, terdapat tiga jalur masuk, yakni SNMPTN, SBMPTN, serta jalur Mandiri.

Alamat: Jl. Rs. Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12450
Nomor Telepon: (021) 7656971
Jurusan Unggulan: Ilmu Hukum dan Pendidikan Dokter

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, photo by Unika Atma Jaya

Salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia ialah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Kualitas pendidikan di kampus satu ini memang terkenal terbaik se-Indonesia. Bahkan, UNIKA Atma Jaya mendapatkan penghargaan bintang lima untuk kategori Online Learning yang diberikan oleh QS Stars di London.

Kampus ini menaungi 8 fakultas sekaligus. Sementara itu, untuk jurusan unggulan atau favorit yang paling diminati di Unika Atma Jaya ialah Kedokteran, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Akuntansi.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.51, RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Nomor Telepon: (021) 5727615
Jurusan Unggulan: Kedokteran, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Akuntansi

Universitas Paramadina

Universitas Paramadina, photo by Quipper Campus

Universitas favorit di Jakarta Selatan, khususnya bagi yang memiliki peminatan di bidang Ilmu Komunikasi ataupun Desain Komunikasi Visual. Kampus Paramadina ialah salah satu institusi pendidikan yang bergerak dan mengandalkan nilai-nilai Islam di dalamnya.

Kampus ini memiliki 3 fakultas dengan 9 jurusan di dalamnya. Salah satu yang paling banyak peminatnya ialah Fakultas Falsafah dan Peradaban, dengan 4 jurusan di dalamnya, yakni Ilmu Komunikasi, Islam Madani, Hubungan Internasional, dan Psikologi.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.Kav. 97, RT.4/RW.4, Mampang Prpt., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790
Nomor Telepon: (021) 79181188
Jurusan Unggulan: Ilmu Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual

Universitas Pancasila

Fakultas Hukum Universitas Pancasila, photo by BukaReview

Berada di Lenteng Agung, Universitas Pancasila pun masuk ke dalam kategori kampus swasta ternama di Jakarta Selatan. Universitas Pancasila telah berdiri sejak tahun 1966 dan saat ini memiliki 2 lokasi kampus di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Jurusan di Universitas Pancasila yang paling diminati ialah Ilmu Hukum Teknik Mesin, dan Ilmu Komputer. Selain 3 jurusan tersebut, masih ada 12 jurusan lainnya di Universitas Pancasila.

Alamat: Jl. Lenteng Agung Raya No.56, RT.1/RW.3, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
Nomor Telepon: (021) 7270086
Jurusan Unggulan: Ilmu Hukum, Teknik Mesin, dan Ilmu Komputer

Universitas Bakrie

Universitas Bakrie, photo by Wikipedia

Berada dekat dengan kawasan perkantoran di Kuningan, terdapat kampus ternama, yakni Universitas Bakrie. Universitas ini memiliki beberapa keunggulan mulai dari sistem belajar hingga fasilitas penunjang pendidikan. Apalagi, sistem belajar dari Universitas Bakrie menggunakan experiental learning di mana para mahasiswa belajar menggunakan gabungan teori, praktik, serta keterampilan sehingga lebih siap untuk terjun langsung ke lapangan nantinya.

Nah, untuk jurusan unggulan dari Universitas Bakrie yang bisa menjadi pilihanmu ialah Manajemen dan Akuntansi. Kemudian, terdapat 8 jurusan lainnya. Universitas Bakrie pun tak hanya menyediakan program pendidikan sarjana, tetapi juga pascasarjana.

Alamat: Kawasan Rasuna Epicentrum, Jl. H. R. Rasuna Said No.2, RT.2/RW.5, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
Nomor Telepon: (021) 5261448
Jurusan Unggulan: Manajemen dan Akuntansi

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina, photo by Kompas

Insititusi pendidikan yang berada di bawah naungan PT Pertamina ini cukup diminati sebagai salah satu kampus swasta di Jakarta Selatan, terlebih untuk mahasiswa yang memiliki minat terhadap Teknik Perminyakan. Universitas Pertamina menyediakan 6 fakultas dan 16 jurusan yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswanya, baik di bidang ilmu sosial ataupun saintek.

Alamat: Jl. Teuku Nyak Arief, RT.7/RW.8, Simprug, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220
Nomor Telepon: (021) 29044308
Jurusan Unggulan: Teknik Perminyakan

Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Dr. Moestopo Beragama, photo by Republika

Salah satu kampus swasta tertua di Jakarta dengan fokus khusus pada bidang Pendidikan Kedokteran Gigi. Kampus ini telah melahirkan banyak Dokter Gigi berkualitas di Indonesia. Pendirinya, Prof. Moestopo sendiri dikenal sebagai “Bapak Kedokteran Gigi Indonesia” akibat kontribusi besar di bidang tersebut. Meski jurusan unggulannya ialah Kedokteran Gigi, Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama tetap memiliki jurusan lain di bidang Ilmu Sosial dan Saintek.

Alamat: Jl. Swadarma Raya No.54, RT.1/RW.2, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250
Nomor Telepon: (021) 7252225
Jurusan Unggulan: Kedokteran Gigi

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), photo by Liputan6

Institusi pendidikan Al-Azhar memang terkenal menerapkan nilai-nilai religius dalam pembelajarannya, tak terkecuali pada jenjang perguruan tinggi. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) berada di dalam naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar. Hingga saat ini UAI memiliki 6 fakultas dengan 19 program studi pilihan. Salah satu program studi favorit di kampus ini ialah Ilmu Komunikasi. Di samping program Sarjana, UAI pun memiliki program studi Pascasarjana.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110
Nomor Telepon: (021) 72792753
Jurusan Unggulan: Ilmu Komunikasi

Universitas Prasetya Mulya (Prasmul)

Gedung Universitas Prasmul, photo by Quipper Campus

Universitas yang lebih populer dengan nama Prasmul ini terkenal dengan kualitasnya menciptakan pengusaha sukses di Indonesia. Gak heran kalau jurusan dengan minat terbanyak di Prasmul berkaitan dengan Bisnis, Ekonomi Bisnis, serta Manajemen.

Lulusan dari Prasmul dipercaya memiliki kesempatan besar dalam mengelola suatu bisnis atau terjun ke dunia enterpreneurship. Lewat pendidikan di Prasmul, para mahasiswanya pun diharapkan dapat mengimplementasikan konsep belajar secara langsung di lapangan.

Alamat: Jl. R.A. Kartini, RT.14/RW.6, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
Nomor Telepon: (021) 7511126
Jurusan Unggulan: Manajemen, Bisnis, dan Ekonomi Bisnis

Sampoerna University

Gedung Mewah Sampoerna University, photo by Sampoerna University

Kampus unik dengan program pendidikan ala American Style. Sampoerna University memang terkenal dengan kampus yang memiliki fasilitas penunjang yang sangat baik untuk para mahasiswanya. Bahkan, kampus ini menyediakan fasilitas double degree.

Selain mendapatkan gelar Sarjana di Indonesia, para mahasiswa Sampoerna University berkesempatan untuk meraih gelar lain di kampus di luar negeri. Kampus ini pun telah bekerjasama dengan University of Arizona di Amerika Serikat atau mahasiswa bisa memilih kampus lainnya yang berada di Amerika Serikat. Berminat untuk melanjutkan pendidikan di Sampoerna University dengan program double degree?

Alamat: L'Avenue Building, Jl. Raya Pasar Minggu No.Kav. 16, RW.9, Pancoran, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780
Nomor Telepon: (021) 50222234
Jurusan Unggulan: Kewirausahaan

Kost Eksklusif di Jakarta Selatan

Buat masa kuliah lebih produktif dengan tempat tinggal nyaman dengan fasilitas lengkap. Berbagai hunian dari Cove di Jakarta Selatan mampu memenuhi kenyamanan tinggal kamu selama masa kuliah, Fasilitas lengkap dengan kamar fully furnished, desain estetik dan modern, serta lokasinya yang dibuat strategis. Temukan kost favoritmu di Jakarta Selatan sekarang!

Harga mulai dari Rp2 juta per bulan

Selengkapnya tentang Cove di Jakarta Selatan