Itinerary: Definisi, Manfaat dan Tips Cara Menyusunnya

"Itinerary adalah daftar rencana perjalanan yang berisi kegiatan, tempat, biaya, dan waktu yang akan kamu lakukan selama perjalanan."

Itinerary: Definisi, Manfaat dan Tips Cara Menyusunnya
Cara Membuat Itinerary, photo from Travel Triangle

Merencanakan liburan setelah sibuk bekerja memang menjadi salah satu bentuk healing bagi banyak orang. Yes, hal ini nggak ada salahnya, kok, selama kamu berlibur di waktu yang tepat dan sudah merencanakan segalanya dengan baik mulai dari tujuan, keuangan, alokasi waktu, hingga rencana perjalanan atau biasa disebut dengan itinerary.

Lewat artikel ini, Cove akan memandu kamu bagaimana cara menyusun itinerary yang baik demi membuat liburan kamu terasa menyenangkan dan tentunya tak terlupakan. Baca artikel ini sampai habis untuk informasi lengkapnya, ya!

Apa Itu Itinerary?

Ilustrasi Liburan, photo from The Conversation

Itinerary adalah sebuah rencana perjalanan atau agenda perjalanan yang berisi rincian tentang kegiatan, tempat, biaya dan waktu yang akan dilakukan selama perjalanan kamu.

Itinerary biasanya mencakup informasi seperti jadwal penerbangan atau transportasi, hotel atau akomodasi yang akan ditempati, reservasi tiket atau aktivitas, tempat wisata yang akan dikunjungi, dan waktu yang dihabiskan untuk setiap kegiatan.

Manfaat Menyusun Itenary

Efisiensi Waktu

Menyusun itinerary dapat membantu menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi selama perjalanan. Dengan mengetahui kegiatan dan tempat yang akan dikunjungi, kamu bisa memiliki waktu perjalanan yang dapat dipersiapkan dengan lebih baik, sehingga tidak ada waktu yang terbuang atau kegiatan yang terlewatkan. Selain itu, dengan adanya jadwal yang terstruktur, perjalanan akan lebih lancar dan tidak terjadi kelambatan atau keterlambatan dalam waktu yang tidak diinginkan.

Memperkirakan Budget yang Dibutuhkan

Tentunya dalam setiap waktu berlibur, kamu memiliki budget atau anggaran tertentu, bukan? Menyusun itinerary juga dapat membantu merencanakan budget selama perjalanan kamu, lho. Dengan mengetahui kegiatan dan tempat yang akan dikunjungi, biaya yang diperlukan untuk masing-masing kegiatan dan penginapan dapat dihitung dan direncanakan dengan baik. Dengan memiliki anggaran yang terperinci, kamu dapat mengatur dan menghemat pengeluaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Meminimalkan Risiko

Menyusun itinerary dapat membantu meminimalkan risiko selama perjalanan. Tentunya, kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meminimalkan risiko yang mungkin terjadi seperti kehilangan waktu, barang, atau bahkan risiko keselamatan.

Memiliki Referensi

Menyusun itinerary juga dapat memberikan referensi yang berguna selama perjalanan. Saat menyusun itinerary, tentunya kamu akan menyimpan banyak informasi serta detail kegiatan dalam rencana perjalanan kamu. Oh ya, menyusun itinerary juga bisa menjadi referensi untuk perjalanan berikutnya atau untuk orang lain yang ingin mengunjungi tempat yang sama. Seru banget!

Memperluas Pengetahuan

Selama menyusun itinerary, kamu akan memperoleh banyak informasi serta wawasan seputar sejarah, budaya, kuliner, dan lainnya pada tempat yang kamu kunjungi. Hal ini tentu bisa memperluas wawasan kamu dan memperkaya pengalaman selama perjalanan.

Cara Menyusun Itinerary

Cara Menyusun Itinerary, photo from Tiket

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari menyusun itinerary yang sudah dijelaskan sebelumnya, sekarang saatnya kamu menyusun itinerary dengan baik! Berikut langkah-langkahnya:

Tentukan Tujuan Perjalanan

Langkah pertama dalam menyusun itinerary adalah dengan menentukan tujuan perjalanan yang akan akan kamu lakukan. Hal ini mencakup dalam menentukan destinasi kota/negara yang akan dikunjungi, serta menentukan waktu perjalanan yang tersedia dan budget yang akan kamu gunakan selama perjalanan.

Lakukan Riset

Setelah menentukan tujuan dan budget, kamu bisa melakukan riset tentang tempat yang akan kamu kunjungi. Misalnya, kamu bisa mencari informasi tentang tempat wisata, restoran, transportasi, dan lainnya. Berbagai informasi bisa kamu temukan di internet, buku panduan perjalanan, traveling blog, atau dari orang yang sudah mengunjungi tempat tersebut.

Tentukan Kegiatan dan Prioritas

Salah Satu Kegiatan Saat Berlibur, photo from The Private World

Sudah mendapatkan list tempat yang akan kamu kunjungi? Kini, saatnya menentukan kegiatan yang akan dilakukan selama berlibur! Kamu bisa memprioritaskan kegiatan yang paling penting atau ingin kamu lakukan di list teratas. Oh ya, jika kamu berlibur bersama orang lain, sesuaikan juga kegiatan dengan minat dan kebutuhan teman-teman kamu yang ikut dalam perjalanan, ya!

Buat Rencana Harian

Setelah menentukan kegiatan dan prioritas, kamu bisa membuat rencana harian. Step ini penting banget untuk menentukan waktu dan urutan kegiatan yang akan kamu lakukan selama berlibur. Oh ya, pastikan juga untuk memperhitungkan waktu perjalanan antara tempat yang satu dengan lainnya, ya. Kamu bisa juga kok menggunakan aplikasi khusus untuk membuat itinerary lebih mudah dipantau, misalnya, kamu bisa mencatatnya lewat Google Sheet.

Sediakan Waktu Luang

Waktu Luang Saat Berlibur, photo from Oana Blogs

Meskipun kamu sudah menyusun berbagai tempat dan kegiatan yang akan dikunjungi, kamu juga perlu lho untuk menyediakan waktu luang. Sebaiknya, jangan memaksakan jadwal yang terlalu padat sehingga tidak ada waktu untuk bersantai atau mengeksplorasi tempat yang belum ada pada list itinerary kamu. Sediakan juga waktu luang untuk menikmati suasana tempat yang dikunjungi dan untuk mengeksplorasi tempat lain.

Tentukan Transportasi dan Akomodasi

Setelah menyusun itinerary terkait kegiatan dan jadwal harian, kini saatnya menentukan transportasi dan akomodasi yang akan kamu gunakan selama perjalanan. Untuk transportasi, kamu bisa menentukan kendaraan yang akan digunakan seperti pesawat atau kereta untuk mencapai kota/negara tujuan, serta transportasi yang akan digunakan selama berlibur. Beberapa pilihannya adalah kamu bisa menyewa kendaraan mobil atau motor, menggunakan transportasi online, atau juga menggunakan transportasi umum.

Cove West Inn

Nah, untuk menentukan tempat tinggal, kamu bisa memilih tempat yang memiliki lokasi strategis serta masuk ke dalam budget kamu, ya. Oh ya, jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Bandung, Cove West Inn bisa menjadi pilihan kamu untuk menginap, nih! Lokasinya strategis di Cihampelas, fasilitasnya juga lengkap. Pokoknya, benar-benar pilihan tepat untuk staycation bersama teman-teman, dengan harga mulai dari Rp300.000 saja permalam. Terjangkau banget, kan?

Siapkan Dokumen dan Barang Bawaan

Pastikan juga untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti paspor, visa, atau surat keterangan kesehatan. Sediakan juga barang bawaan yang diperlukan seperti pakaian, obat-obatan, kamera, dan lainnya. Pastikan juga mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk kegiatan yang akan dilakukan seperti alat olahraga atau perlengkapan hiking.

Gimana? Gampang banget kan, membuat itinerary perjalanan untuk berlibur? Pastikan kamu menyusunnya dengan baik, sehingga kamu memiliki pengalaman yang tak terlupakan, ya. Selamat berlibur!