15 Inspirasi Dekorasi Kamar Aesthetic Kesan Minimalis, Bisa Ditiru!

15 Inspirasi Dekorasi Kamar Aesthetic Kesan Minimalis, Bisa Ditiru!
Dekorasi Kamar Aesthetic

Siapa, sih, yang tidak terkesan dengan dekorasi kamar aesthetic? Kebanyakan orang menginginkan kamar dengan penuh estetika, sekaligus bisa menjadi objek foto menarik tanpa harus jauh-jauh keluar rumah. Nah, mendekorasi ulang kamar menjadi lebih aesthetic paling mudah untuk dilakukan. Salah satu yang dipilih banyak orang ialah dekorasi kamar aesthetic dengan kesan minimalis.

Membuat kamarmu aesthetic dan nyaman bukan lagi hal sulit karena banyak bermunculan inspirasi dekorasi kamar aesthetic yang bisa kamu ditemukan dimana pun, termasuk di artikel Cove yang satu ini. Inspirasinya banyak menggunakan konsep minimalis, sehingga dekorasi kamar aesthetic lebih mudah dan diminati karena terkesan clean, timeless, dan nyaman. Paling penting, dekorasi kamar aesthetic minimalis membuat betah para penghuninya. Langsung aja yuk cek inspirasinya berikut ini!

Inspirasi Dekorasi Kamar Aesthetic Minimalis

1. Ciptakan skema warna

Pilihan skema warna
Dinding Netral Cove Perfekta, photo by Cove

Kebanyakan dekorasi kamar aesthetic punya cat dinding dengan warna netral yang tidak mencolok. Cat dengan warna netral sendiri menggambarkan kesan minimalis penuh kenyamanan. Inspirasi dekorasi kamar aesthetic jika kamu ingin menggunakan cat berwarna netral, pilihlah warna tersebut sebagai warna dasar dinding kamarmu. Nah, supaya membuatnya terlihat lebih hidup, kamu bisa gunakan 1-2 warna lain yang bisa dikombinasikan pada beberapa bagian dinding kamar.

Pemilihan warna netral sebagai dekorasi kamar aesthetic juga bermanfaat untuk memudahkan kamu dalam memilih warna furniture yang selaras. Jadi, kamar terlihat aesthetic dan memiliki konsep. Contohnya seperti kamar Cove Perfekta yang punya warna dasar broken white dengan sedikit sentuhan hijau dekat jendela. Terlihat sangat aesthetic bukan?

2. Gunakan dinding kaca

Apabila kamu menginginkan kamar yang memiliki pencahayaan cerah, kamu bisa menggunakan dinding kaca untuk kamar kamu. Selain itu, penggunaan kaca akan memberikan kesan ruangan yang lebih ringan.

Dengan menggunakan kaca sebagai dinding, kamu akan mendapatkan kesan ruangan yang lapang. Hal ini karena kaca menciptakan ilusi seolah-olah tidak ada pembatas ruangan.

Kalau kamu mencari kamar dengan dinding kaca, Cove Hillcrest memiliki kamar loft dengan dinding yang terbuat dari bahan kaca, memberikan kesan kamar yang luas dan lapang, sehingga cocok untuk menunjang kegiatan belajar kamu.

3. Menambahkan dekorasi dinding

Dekorasi kamar dinding via Pinterest.com

Kamu bisa menunjukkan minat dan kepribadian kamu dengan cara menambahkan dekorasi dinding pada kamar kamu. Carilah dekorasi dinding yang kecil, lucu, dan unik. Misalnya seperti poster, art print, foto, atau lampu string.

Namun, jangan sampai kamu terlalu banyak menggantung dekorasi. Kamu tetap harus menyisakan ruang pada dinding dan hanya memajang sedikit dekorasi untuk memberikan kesan dekorasi kamar aestetik nan minimalis. Selain itu, hal ini juga dapat memberikan kesan kamar yang luas.

4. Wallpaper motif batu bata untuk kesan industrial

Cove W Suites

Desain yang memadukan dinding putih dengan dinding bata ekspos terlihat sangat serasi dan sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki kamar dengan kesan industrial.

Aplikasikan warna putih sebagai warna utama dinding kamar kamu, kemudian pilih satu dinding yang ingin kamu biarkan dengan mengekspos dinding batu bata. Namun, kamu juga bisa memilih untuk menggunakan wallpaper sticker dengan motif batu bata untuk pilihan yang lebih mudah.

Apabila kamu ingin memiliki kamar dengan dinding batu bata, kamu bisa intip Cove W Suites yang memiliki model dinding ekspos batu bata ini, nih. Kamar yang memiliki tema industrial ini cocok banget bagi kamu yang ingin merasakan sensasi tinggal di tengah kota.

5. Tambahkan tanaman untuk dekorasi natural

dekorasi tanaman di kamar via Pinterest.com

Berikan tanaman di kamar kamu sebagai dekorasi kamar aesthetic dan juga untuk memberikan kesan kamar yang terasa lebih hidup. Selain itu, tanaman juga dapat memberikan kesan ruangan yang segar dan natural.

Tapi, kalau kamu merasa tidak dapat mengurus tanaman asli  namun tetap ingin memiliki kesan hijau dari tanaman di kamar, kamu bisa memilih tanaman artifisial. Dengan begitu, kamu tetap bisa memiliki warna hijau natural di kamar tanpa harus memiliki komitmen tinggi dalam mengurusnya.

Baca juga: 14 Kost Eksklusif Jakarta Selatan yang Super Aesthetic!

6. Kombinasikan warna-warna soft untuk kamar yang nyaman

Menggabungkan warna-warna soft dapat memberikan kesan kamar yang luas. Pilihan warna-warna ini juga dapat memberikan kesan kamar yang lebih cerah, karena warna soft cenderung lebih menyerap cahaya.

Kalau kamu ingin memiliki kamar dengan kombinasi warna-warna soft, kamu bisa menjadikan Cove Proklamasi sebagai pilihan tempat tinggal kamu, nih. Kamar yang menggabungkan tekstur dan warna soft ini memiliki lokasi tepat di tengah kota, sehingga cocok untuk kamu yang ingin tetap merasakan ketenangan namun tetap dekat dengan kantor kamu.

7. Kombinasikan warna putih dengan tekstur coklat kayu

Cove Central

Kebanyakkan dekorasi kamar aesthetic menggabungkan warna putih dengan tekstur coklat kayu. Perpaduan dua warna dan tekstur ini akan memberikan kesan ruangan yang segar dan luas, karena tidak ada banyak warna mencolok yang terlalu menarik perhatian kamu.

Kamu juga dapat menerapkan tips ini dengan menambahkan furnitur yang memiliki aksen kayu, karena furnitur yang kamu gunakan juga dapat berfungsi sebagai dekorasi kamar.

Kalau kamu ingin tinggal di kamar yang memiliki perpaduan tekstur ini, kamu bisa intip Cove Central, nih. Unitnya memadukan dinding putih dan dinding kayu, sehingga memberikan kesan kamar yang natural dan cantik.

8. Meja belajar minimalis

Cove Pejaten

Dekorasi kamar aestetik biasanya lebih banyak menggunakan furnitur dengan karakteristik minimalis yang lebih mementingkan fungsi daripada bentuk. Maka dari itu, kamu dapat memilih meja belajar minimalis yang praktis dan simple untuk ditambahkan di kamar kamu.

Selain itu, meja tamu yang sederhana dapat memberikan kesan yang aestetik, dan dapat meningkatkan produktivitas kamu karena kamu memiliki area kerja yang terpisah dari area beristirahat.

Nah, untuk merasakan kamar yang memiliki meja belajar minimalis yang nyaman, kamu bisa coba intip kamar Cove Pejaten, nih. Unit ini dilengkapi dengan meja belajar minimalis yang dapat kamu gunakan untuk bekerja atau nugas dengan fokus, dan juga dengan nyaman.

9. Pencahayaan kamar yang lembut

Pencahayaan lembut di kamar via Pinterest.com

Kamu dapat menambahkan beberapa lampu di setiap ujung kamar untuk penerangan pada malam hari. Pilihlah lampu yang memancarkan cahaya lembut untuk memberikan sentuhan dekorasi kamar aesthetic dan nyaman.

Untuk memberikan tampilan kamar yang lebih minimalis, kamu dapat membeli lampu belajar yang juga dapat kamu gunakan untuk menerangi meja kalian.

10. Taruh cermin panjang untuk membuat kamar aestetik

Cermin panjang untuk kesan ruangan yang luas via Pinterest.com

Daripada memasang cermin ke dinding, kamu bisa membiarkan cermin itu bersandar di dinding. Hal ini bukan hanya memberikan tampilan ruangan yang aestetik dan instagramable, tapi juga akan memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak lebih luas dan cerah.

Untuk memberikan kesan natural dan aestetik, kamu bisa memilih cermin yang berukuran penuh.

11. Menambahkan karpet yang empuk

Tambahkan karpet empuk

Untuk memberikan kesan kamar yang cozy, kamu dapat menambahkan karpet pada kamar tidur kamu. Penambahan karpet bukan hanya memberikan kesan nyaman pada kamar tidur kamu, tapi karpet juga dapat menghangatkan kaki dari dinginnya lantai kamar di pagi hari.

Selain itu, karpet juga dapat menambahkan elemen warna pada ruangan kamu karena bentuknya yang besar. Sebaiknya kamu memilih warna karpet yang ingin kamu jadikan sebagai warna utama dari tema kamar kamu.

12. Storage di bawah kasur warna netral

Storage Bawah Kasur Cove T63, photo by Cove

Seringkali bagian satu ini lupa untuk dimanfaatkan sebagai tambahan dekorasi kamar agar terlihat lebih estetik. Benar, bagian kolong kasur atau bawah kasur sebenarnya dapat kamu jadikan space untuk menyimpan berbagai barang. Tujuan utamanya tentu untuk membuat tampilan kamar lebih rapi sekaligus sebagai dekorasi kamar aesthetic.

Tips untukmu, supaya storage atau penyimpanan di bawah kolong kasur ingin dijadikan dekorasi kamar aesthetic, pilih tempat penyimpanan berwarna netral seperti, putih, cokelat, abu-abu, atau hitam. Warna-warna ini bisa menyelaraskan dekorasi kamar yang lainnya dibandingkan ketika kamu memilih warna mencolok sebagai tempat penyimpanan.

13. Ambalan kayu sebagai dekorasi sekaligus penyimpanan

Ambalan kayu Cove Central, photo by Cove

Kalau kamu sering membuka Pinterest untuk mencari inspirasi dekorasi kamar lebih aesthetic pasti kerap menemukan benda satu ini. Yap, ambalan kayu yang biasa digantung di dinding. Ambalan ini multifungsi sekali, loh! Ia bisa dijadikan sebagai dekorasi serta tempat menyimpan barang.

Gunakan ambalan dinding pada beberapa spot agar lebih menonjol, seperti di atas meja belajar, dekat meja tv, ataupun di atas kasur, layaknya dekorasi ambalan kayu seperti pada Cove Central.

Hal yang perlu diperhatikan ketika kamu memilih ambalan sebagai dekorasi kamar, yakni tidak menaruh banyak barang di atasnya. Bobot ambalan pada umumnya hanya mampu menampung sekitar 2 - 5 kilogram. Pilihlah pajangan, beberapa buku, vas bunga, atau tanaman kecil untuk kamu gunakan sebagai dekorasi di ambalan. Sangat mudah bukan bikin kamar kamu terlihat lebih aesthetic?

14. Pakai furniture lipat untuk menghemat tempat

Meja Lipat Kamar Cove Quary, photo by Cove

Beberapa kamar minimalis mungkin memiliki luas kamar yang juga minimalis. Space terbatas ini akan jadi masalah apabila kamu punya banyak kebutuhan untuk menaruh furniture. Mengatasi permasalahan ini bisa menggunakan alternatif seperti furniture lipat yang bisa disimpan dan digunakan ketika perlu saja. Saat tidak dibutuhkan, furniture lipat dapat disimpan, jadi lebih hemat tempat, deh!

Penempatan furniture lipat ini boleh kamu contoh seperti yang ada pada Cove Quary. Dengan luas kamar 11m2, Cove Quary memanfaatkan furniture meja lipat yang sekaligus menambah dekorasi dan kesan kamar jadi lebih aesthetic. Tak ketinggalan, furniture ini menjadikan kamarmu terlihat minimalis tanpa mengurangi fungsi dari furniture tersebut.

15. Lantai aesthetic menggunakan vinyl

Lantai Vinyl Cove Lenna Residence Premiere, photo by Cove

Ingin kamarmu terlihat aesthetic dan minimalis? Salah satu elemen dekorasi ini memang cukup sering dijadikan pilihan untuk membuat kamarmu tampak lebih cantik dan nyaman. Buat kamu yang mau suasana baru bisa dilakukan dengan mengubah lantai yang awalnya keramik menjadi vinyl.

Vinyl merupakan pelapis lantai dengan bahan sintetis dan kebanyakan memiliki motif berupa serat-serat kayu yang mirip dengan aslinya. Dengan motif tersebut, kamar jadi punya suasana lebih nyaman dan hangat layaknya tampilan kamar dari Cove Lenna Residence Premiere yang menggunakan lantai vinyl.

Keunggulan penggunaan vinyl untuk dekorasi kamar sendiri punya daya tahan yang cukup lama sehingga bisa digunakan bertahun-tahun. Perawatannya pun mudah karena sifat dari lantai vinyl yang tahan air (water resistant) sehingga lebih mudah membersihkannya. Sudah siap belum mengubah dekorasi kamar menjadi lebih aesthetic dengan lantai vinyl?


Itulah dia deretan inspirasi dekorasi kamar aesthetic yang dapat kamu jadikan referensi untuk mendekorasi ulang kamar tidurmu. Tinggal pilih, deh, dekorasi kamar kecil ataupun besar sama-sama berpengaruh, kok, untuk mempercantik kamarmu jadi tampak lebih aesthetic juga minimalis.