Tentang Bentara Budaya Jakarta dan 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sini

Bentara Budaya Jakarta adalah suatu lembaga kebudayaan yang menawarkan pengalaman melebihi museum biasa. Penasaran? Intip ulasannya di sini!

Tentang Bentara Budaya Jakarta dan 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sini
Bentara Budaya Jakarta, photo by Kompas.id

Bentara Budaya Jakarta merupakan lembaga kebudayaan milik Kompas Gramedia yang memiliki arti “utusan budaya.” Lembaga kebudayaan memiliki tujuan untuk mengelola perkembangan seni budaya dalam upaya merawat kebhinekaan dan ke-Indonesiaan masyarakat.

Sejarah di Balik Bentara Budaya Jakarta

Lembaga kebudayaan ini pertama kali dibangun pada 26 September 1982 oleh Jakob Oetama, pendiri Kompas Gramedia sendiri, sebagai cara bagi Jakob Oetama untuk menunjukkan koleksi seni yang ia miliki. Bentara Budaya sendiri dibangun dengan maksud agar karya seni Indonesia dapat dihargai dan didukung serta dikonservasikan dengan baik.

Bangunan Bentara Budaya sendiri dibangun oleh arsitek terkenal Romo Mangunwijaya, mengikuti model Bentara Budaya di Yogyakarta. Maka dari itu, kamu bisa melihat model bangunan yang dipengaruhi oleh budaya Jawa yang kental di sini.

Selain memamerkan karya seni, sebagai institusi budaya, Bentara Budaya Jakarta seringkali mengadakan acara kebudayaan Indonesia,. Kamu bisa melihat berbagai pameran karya seni Indonesia yang tradisional atau modern dalam bentuk lukisan, pahatan, hingga konser dan pentas seni.

Bentara Budaya sendiri sebenarnya memiliki berbagai cabang, dan Bentara Budaya Jakarta adalah cabang dari institusi Bentara Budaya yang dikelola oleh Kompas Gramedia Group. Cabang lain dari lembaga ini dapat kamu temui di Yogyakarta, Surakarta, dan Bali.

Apabila kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat ini, coba simak beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Bentara Budaya Jakarta di bawah ini, deh.

5 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Bentara Budaya Jakarta

1. Menikmati beragam karya seniman Indonesia

Pameran Seni Grafis Bentara Budaya Jakarta, photo by tribunnews.com‌ ‌

Bentara Budaya Indonesia memiliki koleksi karya dari seniman dari seluruh Indonesia maupun seniman luar.

Di sini, kamu bisa menemukan sekitar 573 lukisan karya seniman ternama Indonesia sepertiAffandi, S Sudjojono, Hendra Gunawan, Basoeki Abdullah, Bagong Kussudiardjo, Trubus Sudarsono, Rudolf Bonnet, H Widayat, Otto Jaya dan masih banyak lagi.

Bentara Budaya juga memiliki banyak koleksi lukisan klasik Bali, antara lain karya I Gusti Nyoman Lempad, I Ketut Regig, I Gusti Ketut Kobot, Ida Bagus Made, Anak Agung Gde Sobrat, Dewa Putu Bedil, I Gusti Made Togog, I Ketut Nama, dan I Wayan Jujul.

Koleksi seni lain dari Bentara Budaya juga mencakup 625 keramik antik Cina dari dinasti Yuan, Tang, Sung, Ming dan Ching. Kamu juga bisa menemukan koleksi keramik asli Indonesia juga termasuk gerabah dan keramik dari Singkawang, Bali, Plered, Trowulan dan Cirebon. Selain itu, kamu juga bisa melihat koleksi karya seni Papua dan Bali yang berjumlah 400 patung.

Bentara Budaya juga memiliki koleksi 120 wayang golek antik karya Asep Sunarya, yang menggambarkan karakter punakawan, Pandawa, dan Korawa. Karya seni lainnya termasuk potongan furnitur antik, seperti meja kayu, kursi dan lemari, serta patung Buddha di berbagai posisi tangan mudra.

Disana nanti kamu dapat melihat karya karya yang cukup menarik, seperti wayang, karya sastra, fotografi, lukisan, karya tanah liat dan lain-lain.

2. Menonton pementasan karya seni

Pameran Wayang, photo by detikTravel.com 

Dalam misinya untuk merepresentasikan karya seni, Bentara Budaya Jakarta juga menunjukkan berbagai pementasan seni dalam bentuk pementasan tari, teater, musik, dan pemutaran film.

Di lain kesempatan, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukkan dialog sastra dan pertunjukkan wayang secara langsung. Untuk mendapatkan jadwal lengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman Bentara Budaya atau langsung saja kunjungi tautan Agenda Bentara Budaya.

BACA JUGA: Broadway Alam Sutera: Lokasi, Harga Tiket, Hingga Rekomendasi Aktivitas Lainnya

3. Sebagai tempat untuk mencari sumber inspirasi

Pameran World Press Photo, photo by Kompas.com

Apabila kamu sedang suntuk dengan pekerjaan atau rutinitas kamu, pastinya kamu butuh mengunjungi suatu tempat untuk mencari suasana baru. Dengan mengunjungi Bentara Budaya Jakarta, kamu bisa saja mendapatkan suasana baru dan juga membuka pintu kreatif di dalam dirimu.

Dengan melihat karya orang lain, kita bisa mendapatkan sumber inspirasi ataupun referensi untuk karya ataupun pekerjaan kita. Indonesia memiliki banyak seniman berbakat, dan mungkin dengan melihat karya mereka, kamu bisa terinspirasi untuk menciptakan suatu karya baru dalam keseharianmu.

4. Mengikuti aktivitas kelas kreatif

Menenun di Bentara Budaya Jakarta, photo by Dreamdelion.com

Bentara Budaya Jakarta memiliki berbagai kelas kreatif yang bisa kamu ikuti. Kelas kreatif atau yang seringkali disebut sebagai workshop merupakan salah satu cara agar kita dapat belajar sesuatu yang baru.

Tidak jarang juga, peserta workshop dapat mulai gemar akan aktivitas seni yang mereka pelajari di kelas kreatif tersebut. Kamu bisa mengikuti kelas kreatif ini dengan mengunjungi laman Bentara Budaya atau langsung saja kunjungi tautan Agenda Bentara Budaya.

5. Mengapresiasi karya seni dan mendapatkan pelajaran penting

Pameran World Press Photo, photo by kompas.com‌ ‌

Ketika kamu melihat suatu karya seni, pastikan kamu membaca deskripsi karya tersebut dan cobalah untuk mengerti tentang makna di balik karya seni tersebut. Suatu karya menjadi memiliki arti bukan karena karya tersebut memiliki nilai estetika, tetapi suatu karya seni memiliki sebuah pesan untuk kamu yang melihat karya tersebut.

Seniman seringkali menceritakan tentang perjuangan mereka yang memiliki nilai mendalam, namun tentu saja, karya seni selalu terbuka terhadap interpretasi setiap orang.

Nah, dengan mengunjungi Bentara Budaya Jakarta, kamu dapat mengapresiasi karya seni Indonesia dan juga mendapatkan pesan penting yang mungkin dapat membantu kamu untuk menghadapi hidup dengan lebih baik.

BACA JUGA: 10 Cafe di Menteng yang Paling Populer, Patut Dikunjungi!

Itulah beberapa informasi menarik tentang Bentara Budaya Jakarta serta daftar kegiatan asik yang bisa kamu lakukan apabila kamu berniat untuk mengunjungi Bentara Budaya Jakarta.

Selain memiliki fungsi untuk menjaga karya seni Indonesia tetap hidup, ternyata Bentara Budaya Jakarta juga mengajak para pengunjungnya untuk menikmati karya seni dalam berbagai macam bentuk, dan juga mengajak mereka untuk membantu mengkonservasikan karya seni ini dengan melibatkan mereka.

Makanya, kamu dijamin nggak akan bosan apabila kamu berniat untuk mengunjungi lembaga kebudayaan yang satu ini, deh. Bentara Budaya beroperasional setiap hari mulai dari pukul 10.00 sampai 16.00, dan museum ini tidak dipungut biaya sama sekali. Yuk, tunggu apa lagi? Langsung aja datangi Bentara Budaya Jakarta di akhir pekan!

Alamat: Jl. Palmerah Sel. No.17, RW.2, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Jam operasional: Senin - Minggu, 10.00 - 16.00
Tiket masuk: Gratis

Kost Dekat Bentara Budaya Jakarta

Cove Lenna

Kalau kamu ingin memiliki tempat tinggal yang berlokasi tidak jauh dengan Bentara Budaya Jakarta, kamu bisa intip unit Cove Lenna yang satu ini, nih. Unitnya dilengkapi dengan furnitur fungsional dan dekorasi yang menarik yang membuat kamar kamu terlihat artsy.

Unit Cove Lenna juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti area dapur yang multifungsi, serta WiFi dan layanan kebersihan dan laundry untuk mendukung kenyamanan kamu saat kamu berada di unit.

Tertarik untuk tinggal bareng Cove di Kebayoran Lama? Yuk, booking Cove sekarang juga!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan lainnya hanya di Cove!