Act of Service: Definisi, Contoh, dan Cara Menunjukkannya

"Act of Service adalah bahasa cinta yang diungkapkan melalui tindakan nyata, baik yang kecil maupun besar, untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang kepada pasangan."

Act of Service: Definisi, Contoh, dan Cara Menunjukkannya
Act of Service, photo by freepik.com

Setiap orang pasti punya love language yang berbeda-beda. Love language sendiri adalah cara untuk memahami diri dan pasangan dalam menunjukkan rasa cinta. Artinya, cara menunjukkan rasa cinta kepada pasangan atau orang lain juga tidak akan sama. Ada yang mengungkapkannya dengan kata-kata, ada yang dengan sentuhan hangat seperti pelukan, atau ada yang dengan tindakan nyata.

Act of service adalah salah satu love language yang ditunjukkan dengan tindakan nyata. Seorang act of service biasanya tidak mengatakan perasaannya, tapi dia akan totalitas dalam melakukan tindakan untuk membuat orang tersayangnya senang.

Penasaran apa itu love language act of service lebih jauh? Apakah kamu seorang act of service? Atau justru pasangan kamu yang act of service? Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Definisi Act of Service

Act of service adalah satu dari banyak jenis love language. Bahasa cinta dengan cara melakukan sesuatu sesuai dengan yang diinginkan pasangan. Orang yang memiliki act of service biasanya akan melakukan hal-hal untuk pasangannya tanpa pamrih. Biasanya memang act of service memerlukan sedikit usaha dibanding menunjukkan dengan kata-kata. Namun karena tindakan yang dilakukan untuk orang disayangi, semuanya akan terasa mudah. Seorang act of service tidak membutuhkan kata-kata cinta dan sayang, tetapi mereka akan menunjukkannya dengan tindakan.

Seorang act of service tidak selalu melakukan sesuatu untuk pasangan. Tindakan yang dilakukan juga tidak melulu hal-hal besar dan sulit. Bahasa cinta justru bisa ditunjukkan dengan bantuan-bantuan kecil yang sederhana, namun terasa ketika dibutuhkan. Intinya, bukan tentang tindakan apa yang dilakukan, tapi bagaimana dia memahami tindakan yang dilakukannya adalah untuk membuat pasangannya senang.

Sekarang, coba perhatikan, pasanganmu lebih sering mengucapkan kalimat-kalimat manis yang membuatmu terbang, atau melakukan hal-hal yang membuatmu senang? Atau kamu sendiri lebih senang mengungkapkan perasaan melalui kata-kata, atau tindakan yang bisa membuat pasanganmu senang?

Hal Penting dari Seorang Act of Service

Ketika seseorang memiliki love language act of service, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

Menciptakan Hubungan yang Membuat Nyaman Satu Sama Lain

Ketika memiliki hubungan dengan seorang act of service, di awal hubungan pasti akan ada rasa canggung. Akan terasa aneh kalau kamu mencoba mengatakan yang diinginkan atau dibutuhkan kepada pasangan. Kecanggungan yang berkelanjutan ini akan membuat perasaan tidak nyaman. Untuk membuat hubungan yang saling nyaman, cobalah untuk terbuka dan komunikasikan keinginan atau kebutuhan. Dengan begitu, pasangan akan lebih memahami dan bisa kompromi untuk saling memahami.

Menghargai yang Telah Dilakukan oleh Pasangan

Sebagai seorang act of service, biasanya akan muncul perasaan senang ketika dihargai atau diapresiasi atas apa pun yang telah dilakukan. Pasangan yang sudah cukup lama biasanya jauh lebih mudah menerima apa yang diberikan. Kamu akan terbiasa dengan sikap seperti ini kalau pasangan menunjukkan rasa cintanya dengan act of service.

Spesifik atas Apa yang Diharapkan

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam setiap hubungan. Ingat, pasangan kamu tidak selalu bisa menebak isi pikiran kamu. Jadi, daripada merasa kesal karena menunggu, lebih baik bersikap lebih terbuka dan jelaskan dengan spesifik apa yang diinginkan. Apa yang berarti untukmu dan apa yang kamu inginkan dari pasanganmu, agar hubungan yang baik bisa terjalin.

Contoh Perilaku Act of Service

Kalau kamu atau pasanganmu memiliki pasangan yang punya love language act of service, mungkin kamu sudah tidak asing dengan beberapa contoh perilaku di bawah ini.

  • Mengantar dan Menjemput Pasangan.
  • Membukakan pintu untuk pasangan.
  • Merawat pasangan ketika sakit.
  • Membantu mengerjakan tugas atau pekerjaan.
  • Membelikan makanan dan minuman favorit.
  • Memasak makanan favorit.
  • Mengajak jalan-jalan ke tempat yang diinginkan.
  • Membukakan botol minum.
  • Menepati janji.
  • Menawarkan bantuan setiap saat.
  • Memutar lagu kesukaan pasangan.
  • Menepati janji.
  • Mengingat hari-hari penting seperti ulang tahun atau anniversary.
  • Membawakan barang-barang.

Cara Menunjukkan Act of Service

Dengarkan Keluh Kesah Pasangan

Ketika pasangan kamu mengeluh karena hal-hal yang dialaminya, kamu bisa menyediakan telinga untuk mereka. Jadilah orang yang selalu ada ketika mereka membutuhkan teman untuk bercerita. Dengarkan keluhan mereka dengan baik. Berikan juga dukungan bahwa semua yang dilalui akan baik-baik saja. Kamu bisa lakukan tindakan kecil yang bisa membuat mood pasanganmu lebih baik. Misalnya dengan mengajaknya pergi ke tempat tenang, membelikannya makanan kesukaan, atau sesederhana memberinya pelukan.

Tepati Janji

Ketika kamu membuat suatu janji dengan pasanganmu, tepatilah janji itu. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang serius dan ucapanmu sesuai dengan tindakanmu. Sekecil apapun janji itu, misalnya janji akan menjemput pulang kerja, atau janji membangunkan di pagi hari, kamu harus berusaha untuk menepatinya. Janji yang tidak ditepati biasanya menjadi akar sebuah permasalahan. Menepati janji adalah pertanda bahwa kamu memiliki komitmen yang bagus dan memegang komitmen yang telah dibuat.

Berikan Apresiasi kepada Pasangan

Ketika pasanganmu telah melakukan suatu tindakan untukmu, ada baiknya untuk selalu mengucapkan terima kasih atau mengapresiasi apa yang  telah dia lakukan. Hal itu akan menambah keharmonisan. Pasangan pun akan merasa dihargai atas apa yang telah dilakukannya. Meskipun love language yang diberikan berupa tindakan nyata, namun ucapan apresiasi terhadap tindakan tersebut juga sangat penting.

Melakukan Tindakan nyata

Sebagai seorang act of service, sudah jelas hal ini akan sangat berarti. Tindakan adalah salah satu faktor yang membuat pasanganmu merasa disayangi. Misalnya membelikannya minum setelah seharian berjalan-jalan.

Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai love language act of service. Cara menunjukkan rasa cinta setiap orang memang berbeda-beda. Cara untuk menanggapi love language tersebut juga berbeda-beda. Jadi, kamu tidak perlu risau kalau pasanganmu tidak pernah mengucapkan kata “I love you” atau kalimat-kalimat mesra. Siapa tahu memang pasanganmu punya love language act of service. Kamu harus memahami love language yang kamu dan pasangan miliki agar hubungan kalian semakin romantis dan mesra. Jadi, apa love language kamu?