3 Tips financial planning sederhana yang cocok untuk generasi milenial!

Simak tips berikut untuk perencanaan keuangan yang lebih baik.

3 Tips financial planning sederhana yang cocok untuk generasi milenial!

Pengelolaan keuangan sering menjadi permasalahan yang umum dihadapi oleh kaum milenial. Pasalnya, gaya hidup yang dinamis membuat mereka sulit untuk mengatur keuangannya sesuai skala prioritas.

Oleh karena itu, mereka harus belajar untuk mengelola keuangan mereka dengan financial planning yang tepat jika ingin hidup nyaman di masa depan.

Penasaran bagaimana tips mengatur keuangan ala milenial yang sederhana untuk diterapkan? Yuk simak ulasan berikut ini!

Tentukan tujuan keuangan

Financial planning yang dibuat tidak hanya bertujuan untuk mengelola keuanganmu di saat ini namun juga untuk masa depan, lho. Jadi, penting untuk mengetahui tujuan keuanganmu terlebih dahulu.

Kamu juga harus menentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, kamu ingin menikah di umur 25 atau membeli mobil pribadi saat lulus kuliah nanti. Buatlah action plan yang jelas untuk mengatur cashflow agar kamu bisa mencapai tujuan finansialmu dengan tepat waktu!

Sisihkan pendapatan untuk berinvestasi

Kaum millennial juga perlu belajar untuk melakukan investasi. Bagi kamu yang masih baru dengan dunia investasi dan bingung untuk mulai dari mana, tenang saja!

Sekarang ini sudah banyak kok aplikasi edukatif yang memberikan tips tentang financial planning dan investasi yang mudah diikuti, misalnya seperti aplikasi bibit dan ternak uang. Kamu hanya tinggal memilih yang paling pas untukmu!

Sesuaikan kondisi finansial

Tips financial planning terakhir yang paling penting adalah menyesuaikan tujuan keuanganmu dengan kondisi finansialmu. Kamu bisa melakukannya dengan menyeimbangkan cash flow mu setiap bulannya.

Agar kamu bisa dengan mudah mencatat pengeluaran, pemasukan dan berbagai keperluan lainnya, kamu dapat mengandalkan format perencanaan keuangan yang sudah bisa diunduh dari website atau aplikasi yang ada smartphone kamu.

Dan tentunya, usahakan untuk tidak membeli barang secara impulsif, terutama untuk hal-hal yang belum terlalu dibutuhkan. Mulai belajar hidup hemat dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Ngomong-ngomong soal berhemat, mencari tempat tinggal yang ideal juga menjadi faktor penting yang tidak boleh kamu lewatkan, lho! Karena dengan memilih hunian yang tepat, kamu bisa menghemat pengeluaranmu dan mengalokasikannya untuk kepentingan lain.

Nah, untuk urusan tempat tinggal, yang paling ideal, sih pastinya Cove. Hunian berkonsep coliving ini memiliki lokasi strategis dekat kantor/kampus, fasilitas lengkap, dan harga sewa yang terjangkau.

Dengan budget mulai dari 2,3 juta saja per bulannya, kamu sudah bisa tinggal di hunian nyaman tanpa harus repot memikirkan uang untuk air, internet, maintenance, dan kebersihan. Karena semuanya sudah termasuk dalam biaya bulananmu!

Terdengar menarik? Klik disini untuk tahu info lebih lanjut!