15 Tempat Wisata di Nusa Dua, Dari Kesenian Hingga Pantai Hidden Gem!

15 Tempat Wisata di Nusa Dua, Dari Kesenian Hingga Pantai Hidden Gem!

Canggu, Kuta, Seminyak, dan Nusa Dua merupakan daerah Bali yang terkenal sehingga kerap menjadi pilihan destinasi wisata. Kali ini Cove akan membahas mengenai berbagai wisata di Nusa Dua yang bisa kamu kunjungi saat berlibur. Nusa Dua sendiri merupakan kawasan wisata yang letaknya berada 40 km dari Denpasar. Lokasi wisata ini terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya.

Namun, yang akan dibahas kali ini bukan hanya mengenai pantai. Ada juga objek wisata lain seperti museum, pertunjukkan kesenian, beach club, hingga restoran ternama sebagai objek wisata di Nusa Dua. Penasaran? Check this out!

Tempat Wisata di Nusa Dua

1. Museum Pasifika

Museum Pasifika, photo by Museum Pasifika

Banyak hal yang melekat dengan Bali, terutama perihal budaya dan keseniannya. Di Bali, kamu bisa menemukan banyak seniman sekaligus berbagai tempat untuk menaruh karya seni tersebut. Nah, salah satu yang dapat dikunjungi ialah Museum Pasifika di Nusa Dua. Museum seluas 9000m2 ini didirikan pada tahun 2006, di dalamnya berisi kebudayaan Asia - Pasifik dari berbagai macam artefak budaya.

Di Museum Pasifika, kamu bisa menyaksikan secara langsung lebih dari 600 kesenian milik 200 seniman dari 25 negara berbeda. Terdapat 11 ruang pameran serta paviliun masuk yang megah. Tak hanya itu, terdapat cafe yang menghadap taman juga ruangan VIP pada lantai 1. Nah, karya seni yang dapat kamu jumpai di Museum Pasifika mulai dari lukisan, buku sastra, topeng, patung, hingga artefak. Pecinta seni pasti akan dengan senang hati mengeksplor seluruh area di Museum Pasifika.

Meski terbilang baru di antara museum seni lainnya yang ada di Bali, koleksi milik Museum Pasifika tak kalah menakjubkan. Tak jarang juga, Museum Pasifika mengadakan pameran temporer dengan mengadakan berbagai acara di samping mempertahankan karya-karya permanen telah ada di dalamnya. Untuk bisa menikmati berbagai karya seni di Museum Pasifika, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000 per orang.

Alamat: Complex Bali Tourism Development Corporation (BTDC) Area Block P, Benoa, South Kuta, Badung Regency, Bali 80361
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 18.00)
Harga Tiket: Rp50.000/orang

2. Sea Walker by Bali Best Adventure

Sea Walker, photo by Traveloka

Takut menyelam ke bawah laut karena kamu tidak bisa berenang? Bagaimana dengan berjalan di bawah laut? Di Bali Best Adventure terdapat wahana Sea Walker yang memungkinkan kamu untuk berjalan di bawah laut. Lokasi tepatnya berada di kawasan wisata air, Tanjung Benoa.

Supaya bisa berjalan di dasar laut, kamu akan diminta mengenakan helm kedap air. Tanpa punya keahlian berenang yang khusus, kamu bisa langsung menyelam dan berinteraksi menyapa warga laut sekitar. Menyaksikan ikan berenang kesana-kemari dengan jarak yang cukup dekat. Bahkan, kamu bisa memberi makan mereka, loh!

Alamat: Jl. Pratama, Benoa, Kuta Selatan, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia.
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 16.00)
Harga Tiket: Mulai dari Rp400.000/orang

3. Flying Board by Bali Apollo

Flying Board, photo by Kintamani.id

Kalau sebelumnya ada wisata yang memungkinkan kamu berjalan di dasar laut, wisata yang satu ini memungkinkan untuk terbang di atas laut. Yap, kamu bisa berdiri dan terbang di udara selama beberapa menit dengan memainkan Flying Board.

Apa itu Flyingboard? Flying Board merupakan salah satu olahraga air dengan memanfaatkan papan sebagai pijakan yang telah terhubung oleh pipa air. Besarnya tekanan air yang dihasilkan oleh pipa tersebut bisa membuat kamu terbang di atas laut.

Flying Board ini dikategorikan sebagai olahraga air extreme. Namun, jangan khawatir karena sebelum bermain kamu akan diberikan instruksi atau pengarahan dari instruktur yang bertugas. Kamu pun akan diajarkan mengenai bagaimana cara menjaga keseimbangan, terjun ke air, hingga atraksi akrobat saat bermain Flying Board ini. Mirip-mirip dengan Sea Walker, kira-kira kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp450.000 untuk sekali bermain.

Alamat: Tanjung Benoa, Jl. Pratama No.70, Benoa, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00)
Harga Tiket: Rp450.000/orang

4. Pesawat Bengong

Pesawat Bengong Bali, photo by Befreetour

Destinasi wisata di Nusa Dua yang sangat unik ini bernama Pesawat Bengong atau Abandoned Plane. Bangkai pesawat Boeing 737 berlokasi dekat dengan Pantai Gunung Payung, tepatnya di Bukit Peninsula. Cerita di balik Pesawat Bengong yang terparkir dengan rapi di pinggir tebing sebetulnya ingin dijadikan restoran. Namun, hingga saat ini restoran tersebut tidak berjalan. Malah menghadirkan objek wisata baru yakni Pesawat Bengong. Para pengunjung objek wisata di Nusa Dua yang satu ini pun biasanya hanya melihat atau sesekali mengabadikan dengan kamera.

Alamat: Bukit Peninsula Nusa Dua, South Kuta, Badung Regency, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 18.00)
Harga Tiket: Rp10.000/orang

5. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa, photo by Klook

Wisata air di Bali bukanlah suatu hal yang sulit untuk ditemukan. Pasalnya, sebagian besar daerah Bali yang terkenal menyuguhkan objek wisata pantai yang indah, tak terkecuali di Tanjung Benoa, Nusa Dua. Pantai Tanjung Benoa atau kawasan Tanjung Benoa menawarkan berbagai wahana air yang bisa kamu coba, mulai dari wahana yang seru hingga menantang adrenalin. Di luar permainan air, tarif masuk ke kawasan Tanjung Benoa sangat terjangkau. Kamu cukup membayar Rp5.000 untuk menikmati keindahan tempat ini.

Sebagai pusat water sport Bali, Tanjung Benoa pasti punya beragam pilihan aktivitas menyenangkan yang bisa kamu coba. Sebut saja seperti, banana boat, rolling donut, snorkeling, scuba diving, flying board, sea walker, jetski, hingga parasailing. Masing-masing permainannya pun punya tarif berbeda mulai dari Rp70.000 - Rp600.000. Tinggal sesuaikan deh dengan budget yang kamu miliki!

Alamat: Jl. Segara Geni No.3, Tj. Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 23.00)
Harga Tiket: Rp5.000/orang

6. Water Blow Nusa Dua

Water Blow Nusa Dua, photo by DetikTravel

Belum lama menjadi objek wisata favorit para turis di Bali, Water Blow Nusa Dua sudah lumayan populer. Deburan ombak tenang mungkin sudah biasa ditemukan di Bali, tetapi kamu akan melihat fenomena alam menakjubkan ketika datang ke Water Blow Nusa Dua. Yap, ombak yang menabrak karang besar sehingga menimbulkan cipratan air besar. Kebanyakan, pengunjung mengincar foto saat ombak sedang membumbung tinggi menghantam karang. Tertarik mencoba wisata di Nusa Dua yang anti mainstream seperti Water Blow ini?

Alamat: Tanjung Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Harga Tiket: Rp15.000/orang

7. Mangrove Boardwalk

Mangrove Boardwalk, photo Kintamani.id

Berjalan menyusuri hutan bakau untuk mengambil foto-foto instagramable menjadi alternatif liburan seru di Nusa Dua. Kalau berkunjung ke Mangrove Boardwalk, kamu disarankan datang di pagi atau sore hari. Matahari pada pagi dan sore tentu tidak terlalu terik sehingga kamu bisa lebih santai ketika ingin berjalan-jalan sepanjang hutan bakau sambil berfoto ria. Selain itu, sering juga burung bertengger di beberapa dahan pohon mangrove semakin menambah keindahan serta suasana. Untuk masuk ke area Mangrove Boardwalk, kamu perlu membeli tiket masuk seharga Rp10.000 per orangnya.

Alamat: Jl. Taman Sari No.78x, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 18.00)
Harga Tiket: Rp10.000/orang

8. Pirates Bay

Pirates Bay, photo by The Bali Bible

Wisata di Nusa Dua dengan tema bajak laut ada di Pirates Bay. Tempat wisata yang satu ini sebenarnya merupakan restoran dengan miniatur kapal bajak laut terdampar sekaligus yang menjadikan tempat ini semakin unik. Di samping miniatur kapal bajak laut, rumah pohong, hingga tenda padang pasir yang bisa jadi tempat bermain. Meski begitu, lokasi Pirates Bay berada di kawasan wisata tepatnya di ITDC Nusa Dua, Area Lot C sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Sebagai sebuah restoran ternama di Bali, Pirates Bay tentunya menyediakan hiburan seperti Live Music dan DJ pada malam hari. Bahkan, kalau kamu beruntung bisa melihat pertunjukan tari di restoran ini. Supaya makin seru, kamu bisa coba permainan mencari harta karun yang telah disediakan oleh Pirates Bay.

Alamat: The Bay Bali ITDC Area Lot C-0, Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp39.000

9. Devdan Show

Devdan Show Bali, photo by Klook

Kesenian menjadi daya tarik wisata di Bali, salah satunya ialah Devdan Show yang berlokasi di kawasan ITDC Nusa Dua. Devdan Show menampilkan pertunjukan tari tradisional. Uniknya, pertunjukan ini dikombinasikan dengan atraksi, akrobatik, serta permainan efek berteknologi tinggi yang membuat kamu takjub.

Devdan Show memiliki jadwal tampil 3x dalam seminggu di Bali Nusa Dua Theater di hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Sementara itu, reservasi dapat dibuat 3 bulan sebelum pertunjukkan dimulai. Kamu bisa melihat detail acara, jadwal lengkap, serta pembelian tiket pada website Devdan Show. Tiket menonton pertunjukkan ini dibanderol mulai dari Rp300.000 hingga Rp1,2 juta untuk kategori VIP.

Alamat: Komplek, Jl. ITDC Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363
Jam Buka: Senin - Sabtu (09.00 - 20.30)
Harga Tiket: Mulai dari Rp300.000 - Rp1.200.000 per orang

10. Pulau Peninsula The Nusa Dua

Pulau Peninsula Nusa Dua, photo by Detik

Pulau Peninsula atau Peninsula Island merupakan kawasan wisata terpadu di ITDC Nusa Dua yang bisa jadi pilihan kamu untuk berkunjung saat liburan. Pulau ini memiliki luas 7,4 hektare dengan pemandangan indah laut biru serta tebing karang. Bagian terbesar di kawasan Pulau Peninsula ini adalah hamparan padang rumput serta perbukitan hijau. Berada di kawasan wisata terpadu yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Center (ITDC) kamu bisa masuk ke area ini secara gratis. Buat yang suka berolahraga, kamu juga bisa loh jogging sore hari mengelilingi area Pulau Peninsula ini.

Alamat: Pulau Peninsula Nusa Dua, Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363
Jam Buka: Senin - Minggu (06.00 - 22.00)
Harga Tiket: Gratis

11. Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl, photo by Traveloka

Pantai Green Bowl termasuk ke dalam salah satu pantai hidden gem yang ada di kawasan Nusa Dua, Bali. Tempat wisata ini punya daya tarik utama lewat warna air lautnya yang kehijauan serta pantai berpasir putih. Pantai Green Bowl juga dikenal dengan nama lain sebagai Pantai Bali Cliff karena lokasinya berada di dekat tebing pantai.

Khusus kamu yang mencari ketenangan atau lokasi wisata yang sepi, Pantai Green Bowl wajib masuk ke dalam list. Mengapa begitu? Lokasi pantai yang lumayan sulit dijangkau membuat sebagian besar orang enggan untuk datang ke pantai tersembunyi yang satu ini. Jaraknya cukup jauh dengan area parkir, pengunjung harus menuruni 326 anak tangga untuk bisa sampai ke kawasan Pantai Green Bowl.

Kalau kamu mencari ketenangan dan suka tantangan, Pantai Green Bowl boleh banget untuk dikunjungi. Karena masih tersembunyi juga, tiket masuk yang dikenakan untuk berwisata di pantai ini sangat terjangkau, pengunjung cukup membayar Rp5.000 untuk menikmati keindahan dari Pantai Green Bowl.

Alamat: Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)
Harga Tiket: Rp5.000/orang

12. Palmilla Bali Beach Club

Palmilla Bali Beach Club, photo by Eeep!

Selain terkenal dengan kesenian dan pantai, Bali pun terkenal dengan tempat hiburan seperti beach club. Mungkin kamu mengetahui beberapa beach club ternama berada di kawasan Canggu atau Seminyak. Nah, beach club yang satu ini gak kalau popular kok, namanya ialah Palmilla Bali Beach Club yang terletak dekat dengan Pantai Melasti sehingga kamu bisa melihat keindahan pantai tersebut dari private pool estetik milik Palmilla.

Setiap masuk ke area Palmilla Bali Beach Club, kamu akan dikenakan biaya Rp125 ribu per orang di luar makan dan minum. Nah, menu-menu yang disediakan terdapat breakfast, salad, pasta, bites, cocktail, juice, dan lain sebagainya untuk dinikmati. Area hangout pun terdapat daybeds dengan minimum spending. Palmilla Bali Beach Club buka setiap hari mulai pukul 13.00 WITA pada weekdays dan 10.00 WITA saat weekend.

Alamat: Pantai Melasti, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: Senin - Jumat (13.00 - 20.00 WITA), Sabtu - Minggu (10.00 - 21.00 WITA)
Harga Tiket: Rp125.000/orang

13. Timbis Paragliding

Timbis Paragliding, photo by Klook

Menikmati keindahan Nusa Dua dengan melakukan paragliding. Wisata di Nusa Dua yang satu ini cocok buat kamu para adrenaline junkie karena sedikit ekstrim. Dengan view Pantai Pandawa dan GWK bikin momen liburan kamu di Nusa Dua makin menarik dan seru. Apalagi, team Timbis Paragliding menyediakan dokumentasi berupa foto untuk kamu.

Kalau kamu first time mencoba paragliding ini, gak perlu khawatir karena kamu bisa meminta tandem alias naik berdua dengan orang profesional dari tim Timbis Paragliding. Eits, yang udah jago dan punya sertifikat untuk paragliding bisa juga kok terbang sendirian. Sangat seru bukan? Buat menikmati pemandangan indah dari atas paragliding kamu perlu merogoh kocek kurang lebih Rp700.000 untuk sekali terbang.

Alamat: Kutuh, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 18.00)
Harga Tiket: Rp700.000/orang

14. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung, photo by Pantai Pedia

Mirip dengan Pantai Green Bowl, Pantai Gunung Payung juga termasuk ke dalam wisata hidden gem di Nusa Dua. Tak banyak pengunjung pantai ini dibandingkan dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Bali. Keindahan Pantai Gunung Payung terletak pada pasir putihnya yang sangat menawan serta air laut jernih membuat kamu ingin langsung berenang dan bermain di dalamnya.

Pengunjung Pantai Gunung Payung tak dibatasi waktu, pagi hingga malam hari kamu bahkan bisa berkunjung selama 24 jam hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Kalau bosan menikmati suasana pantai di siang atau sore hari, berkunjung ke area Pantai Gunung Payung untuk menikmati deburan ombak malam bisa jadi pengalaman baru, bukan?

Alamat: Kutuh, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (24 Jam)
Harga Tiket: Rp5.000/orang

15. Pantai Geger

Pantai Geger, photo by Dewata.id

Rekomendasi tempat wisata di Nusa Dua selanjutnya adalah Pantai Geger, salah satu pantai di mana pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas, seperti snorkeling, surfing, berenang, atau hanya sekedar bersantai di bibir pantai. Meski pantai ini dimiliki oleh sebuah resort mewah di Bali, kamu tetap bisa berkunjung selama 24 jam tanpa menginap di resort tersebut. Yap, biaya masuknya pun sangat terjangkau yakni hanya Rp5.000 per orang di luar parkir kendaraan.

Alamat: Jl. Pantai Geger Street, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)
Harga Tiket: Rp5.000/orang

Well, itu dia beberapa tempat wisata di Nusa Dua yang bisa kamu kunjungi saat sedang berlibur ke Bali. Mau berkunjung ke museum, pantai, atau mencoba permainan extreme semua ada di Nusa Dua. Tinggal pilih favoritmu, deh!