10 Universitas di Jakarta Barat yang Cocok Jadi Pilihanmu!

10 Universitas di Jakarta Barat yang Cocok Jadi Pilihanmu!
Universitas di Jakarta Barat (https://unsplash.com/s/photos/college)

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mungkin jadi mimpi banyak orang. Namun, memilih universitas tidaklah mudah. Dalam memilih universitas yang ingin dituju, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah faktor lokasi. Lokasi kampus adalah hal penting bagi kamu yang sedang dalam pencarian universitas. Nah, buat kamu yang berada di area Jakarta Barat, berikut ini daftar rekomendasi 10 universitas di Jakarta Barat yang bisa jadi pilihan:

10 Universitas di Jakarta Barat

Universitas Trisakti

Universitas Trisakti via suneducationgroup.com

Didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia tahun 1965, Universitas Trisakti merupakan salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Universitas ini memiliki catatan sejarah panjang bagi Indonesia, terutama saat Tragedi 12 Mei 1998 yang mengakibatkan gugurnya empat mahasiswa Trisakti. Kejadian monumental ini menjadi pemicu pergerakan mahasiswa Indonesia untuk  meruntuhkan Orde Baru. Sejak itu, universitas ini disebut sebagai Kampus Pahlawan Reformasi.

Saat ini, terdapat 9 fakultas di Universitas Trisakti: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan jumlah 23 Program Sarjana dan 5 (lima) Program Diploma III. Selain itu, terdapat 8 (delapan) Program Magister dan 2 (dua) Program Doktor.

Alamat: Jalan Kyai Tapa No. 1, Grogol, Jakarta Barat
Website: https://trisakti.ac.id/
Kontak: (021) 5663232

Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Binus University, Kampus Anggrek via binus.ac.id

Mungkin kamu sudah tau kampus yang satu ini, Universitas Bina Nusantara atau sering disingkat BINUS. Universitas yang sudah memiliki nama terkenal ini juga dikenal dengan visinya, “A world-class university”. Sesuai dengan visinya, BINUS memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan telah terakreditasi internasional, lho. BINUS juga banyak menjalin kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai perusahaan, organisasi, hingga kampus luar negeri. Tidak heran kalau BINUS menduduki peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia dan masuk 50 besar Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara.

BINUS memiliki 3 kampus di Jakarta Barat: Kampus Syahdan dan Kampus Kijang di Kemanggisan, serta Kampus Anggrek di Kebon Jeruk. Untuk program studi dan fakultas, BINUS memiliki cukup banyak pilihan program sarjana, program internasional, double degree, serta program pascasarjana. Beberapa fakultas di BINUS adalah Bisnis, Ekonomi dan Komunikasi, Teknik, Budaya, Ilmu Komputer, Desain, dan Sistem Informasi.

Alamat: Jl. KH Syahdan No. 9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat 11480
Website: https://binus.ac.id/
Kontak: (021) 5345830, (021) 5350660

Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Universitas Tarumanagara via jakrev.com

Universitas Tarumanagara atau sering disebut UNTAR merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia dengan akreditasi A. Dengan visi untuk “menjadi universitas entrepreneurial unggul yang memiliki integritas dan profesionalisme di Asia Tenggara”, UNTAR juga UNTAR juga menduduki peringkat atas nasional dalam kategori Perguruan Tinggi Swasta Terbaik menurut QS. Terdapat total 9 fakultas dengan 16 program studi sarjana dan 1 program pascasarjana yang bisa kamu pilih jika ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UNTAR.

Alamat: Jalan Letjen S. Parman No. 1, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11440
Website: https://untar.ac.id/
Kontak: (021) 56958723

Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA)

Universitas Krida Nusantara via ukrida.ac.id

Universitas yang memiliki akreditasi “baik sekali” dari BAN-PT ini menyediakan sebelas program sarjana, satu program sarjana terapan, dan dua program magister. Kamu bisa memilih dari lima fakultas yang ada: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Psikologi, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Di Jakarta Barat, UKRIDA memiliki dua kampus. Kampus yang berlokasi di Tanjung Duren digunakan secara bersama oleh Fakultas Ekonomi, Teknik & Ilmu Komputer, Psikologi, dan Sosial & Humaniora. Kampus kedua yang berlokasi di Jalan Arjuna Utara digunakan sepenuhnya untuk perkuliahan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Alamat: Jalan Tanjung Duren Raya No. 4, Jakarta Barat
Website: https://ukrida.ac.id//
Kontak: (021) 5666952

Universitas Mercu Buana (UMB)

Universitas Mercu Buana via medcom.id

Universitas Mercu Buana (UMB) memiliki tiga kampus di Jakarta. Salah satu kampusnya berada di Jakarta Barat, yang disebut Kampus Meruya. Sejak Desember 2016, Universitas Mercu Buana memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat A atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Saat ini, Universitas Mercu Buana sedang dalam proses untuk memperoleh akreditasi internasional.

Universitas Mercu Buana memiliki enam fakultas dan program pascasarjana. Kamu bisa memilih dari beberapa fakultas yang ada: Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer, Psikologi, atau Desain dan Seni Kreatif.

Alamat: Jl. Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Website: https://mercubuana.ac.id/
Kontak: (021) 5840816

Podomoro University

Universitas Podomoro via eksbis.sindonews.com

Podomoro University didirikan pada tahun 2014 oleh Yayasan Pendidikan Agung Podomoro. Podomoro University berfokus pada kurikulum yang berbasis industri kerja dan pengalaman kerja secara langsung di bidangnya. Hal ini dilakukan supaya pelajar siap untuk terjun ke dunia kerja. Selain itu, Podomoro University juga menggabungkan konsep kewirausahaan dan kurikulum berstandar internasional.

Di universitas yang banyak bekerja sama dengan perusahaan internasional ini, ada lima program studi yang bisa dipilih: Perhotelan, Kewirausahaan, Akuntansi, Hukum Bisnis, Desain Produk, serta Manajemen Teknik Konstruksi.

Alamat: Central Park Mall Lt. 3 - Unit 112, Jalan Letjen S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat 11470
Website: https://podomorouniversity.ac.id/
Kontak: (021) 29200456

Universitas Esa Unggul (UEU)

Universitas Esa Unggul via esaunggul.ac.id

Universitas Esa Unggul (UEU) memiliki empat kampus yang terletak di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Memiliki akreditasi kampus B, Universitas Esa Unggul terus berkembang sebagai urban campus. Saat ini, Universitas Esa Unggul memiliki sepuluh fakultas program sarjana: Ekonomi dan Bisnis, Teknik, Desain & Industri Kreatif, Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fisioterapi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer, Hukum, Psikologi, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selain itu, terdapat juga satu program pascasarjana dengan tujuh program studi.

Alamat: Jalan Arjuna Utara No. 9, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11510
Website: https://esaunggul.ac.id/
Kontak: (021) 5674223, 081312338720

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

Universitas Bina Sarana Informatika via facebook/ubsi.cengkareng

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang dulunya disebut Akademi Bina Sarana Informatika (BSI) merupakan universitas yang tersebar di 20 kota di Indonesia dengan total mencapai 35 kampus. Lokasinya terletak di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, Karawang, Cikampek, Cibitung, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Pontianak.

Universitas ini memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Teknik & Informatika, Fakultas Ekonomi & Bisnis, serta Fakultas Komunikasi & Bahasa, dengan total mencapai 22 program studi. UBSI juga memiliki BSI Center yang terdiri dari Career Center, Entrepreneur Center, Innovation Center, dan Startup Center yang menyiapkan mahasiswa untuk dunia kerja.

Alamat: Jl. Kamal Raya No. 18, Ringroad Barat, Cengkareng, Jakarta Barat
Jl. Kemanggisan Utama, Slipi, Jakarta Barat
Website: https://bsi.ac.id/
Kontak: (021) 54376398, (021) 22126300

Institut Teknologi PLN (IT-PLN)

Institut Teknologi PLN (https://itplndte.wordpress.com/

Pada awalnya, IT-PLN yang sudah beroperasi sejak tahun 1988 ini bernama STT-PLN. STT-PLN berubah bentuk menjadi IT-PLN. Tujuan utama didirikannya institut teknologi ini adalah untuk membentuk generasi penerus pakar PLN. Tenaga terampil dari disiplin teknik sipil, elektro, mesin, dan informatika menjadi suatu kebutuhan untuk PLN. Hingga saat ini, IT-PLN memiliki empat fakultas: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi, Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, serta Fakultas Telematika Energi.

Alamat: Menara PLN, Jalan Lingkar Luar Barat, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat 11750
Website: https://itpln.ac.id/
Kontak: (021) 5440342

Universitas Nusa Mandiri (UNM)

Universitas Nusa Mandiri (https://unmcengkareng.business.site/

Universitas yang memegang akreditasi B ini memiliki tujuh kampus yang ada di 4 kota: Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Universitas Nusa Mandiri hanya memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Informasi dan Ekonomi & Bisnis, dengan total enam program studi. Pada awalnya, Universitas Nusa Mandiri hanya diperuntukan untuk jenjang strata satu (S1). Namun, pada 2008 STMIK Nusa Mandiri meresmikan satu program pascasarjana (S2).

Alamat: Jalan Kamal Raya No. 18, Ringroad Barat, Cengkareng, Jakarta Barat
Website: https://nusamandiri.ac.id/
Kontak: (021) 54376399

Kost di Jakarta Barat

Ternyata banyak juga ya pilihan universitas di Jakarta Barat? Bukan hanya universitas dan sekolah, Jakarta Barat juga memiliki beberapa mal besar dan tempat hangout yang oke. Kawasan yang ramai ini bisa banget kamu jelajahi. Nah, kalau ingin kost di Jakarta Barat yang nyaman dan strategis, bisa cek Cove The Peak di Tanjung Duren, nih.

Cove The Peak

Lokasinya dekat dengan UNTAR dan Trisakti. Suasanya nyaman, desain modern-minimalis, dan kamar fully furnished bikin kamu nggak perlu repot membawa banyak barang. Selain itu, ada fasilitas bersama seperti wifi, lounge, dapur, dan rooftop untuk bersantai atau hangout! Untuk yang punya kendaraan, ada tempat parkir dan fasilitas keamanan juga. Menarik kan? Yuk, cek info lengkapnya dan segera book untuk lihat-lihat Cove The Peak!