Tips memilih kost yang cocok untuk WFH

Tips mencari tempat kost yang cocok untuk WFH (Work From Home) yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan tempat yang nyaman.

Tips memilih kost yang cocok untuk WFH

Sejak pembatasan sosial diterapkan sebagai dampak wabah corona, aktivitas work from home (WFH) atau bekerja dari rumah gencar diterapkan oleh sebagian besar perusahaan di dunia.

Lebih dari itu, sistem kerja remote seperti ini lambat laun berubah menjadi tren yang banyak digandrungi kaum pekerja milenial. Bekerja dari rumah memang lebih fleksibel dan tidak sedikit yang merasa lebih produktif ketika diberi keleluasaan mengatur pekerjaan.

Hanya saja, gaya hidup seperti ini tidak sepenuhnya menjanjikan. Jika tidak diiringi dengan manajemen yang baik dan suasana kerja kondusif, kinerja sehari-hari bisa jadi tidak karuan.

Hal ini berlaku sama di manapun, termasuk juga ketika memilih tinggal di kost yang notabene ditempati bersama-sama oleh banyak orang. Kita perlu memilih kost yang ideal dan nyaman untuk mendukung aktivitas WFH.

Maka dari itu, kali ini Cove akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan. Simak di bawah ini!

Memiliki akses internet cepat dan stabil

Image: Pixabay

Sebelum mempertimbangkan yang lain-lain, hal pertama yang perlu dipastikan adalah kualitas jaringan internetnya. Work from home sepenuhnya mengandalkan akses internet untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.

Coba tanyakan kepada penghuni maupun pengelola/pemilik kost terkait kecepatan dan kestabilan jaringan internet di tempat tersebut. Pastikan jaringannya cukup lancar untuk mendukung kebutuhanmu sepanjang hari.

Jika tidak, lebih baik pertimbangkan opsi lain saja. Akses internet ibarat ‘nyawa’ kedua ketika kamu memilih bekerja secara remote.

Lingkungan tempat kost yang tenang dan nyaman

Cove Proklamasi, Menteng

Yang tidak kalah penting selain akses internet adalah suasana kost yang tenang dan nyaman. Saat mengerjakan tugas kantor selama WFH, tentunya kita butuh suasana kondusif untuk membantu berkonsentrasi.

Apa jadinya jika suasana tempat kost dipenuhi suara bising kendaraan, aktivitas pekerja konstruksi, maupun hiruk-pikuk kerumunan orang? Suasana seperti itu akan sangat mengganggu ketika bekerja.

Pilihlah tempat kost yang terletak agak jauh dari jalanan utama dan pemukiman warga, namun tetap memiliki akses yang singkat ke pusat kota.

Tempat kost dekat dengan sarana umum

Image: Pixabay

Lokasi juga merupakan kriteria penting yang harus dipertimbangkan jika kamu bekerja secara remote dari tempat kost. Apakah di sekitar lokasi kost terdapat sarana-sarana penting seperti tempat makan, minimarket, atm centre, konter pulsa & voucher data, dan pusat olahraga?

Jika di sekitar kost terdapat berbagai sarana yang lengkap, kita akan lebih tenang selama bekerja karena semua kebutuhan dapat dijangkau dengan mudah.

Biaya sewa kost yang terjangkau

Image: Pixabay

Sebelum memutuskan untuk sewa, sebaiknya kamu sempatkan untuk melakukan survei ke beberapa tempat kost. Bandingkan biaya sewa dan fasilitas serta layanan yang ditawarkan dari semua pilihan yang ada.

Jika kamu belum cukup percaya diri dengan kemampuan finansialmu, pilihlah kamar kost yang paling terjangkau. Karena masih ada biaya lain yang mesti dialokasikan untuk kebutuhan penting lainnya.

Pastikan juga sistem pembayaran dan ketentuan tenggat waktu tagihannya tidak memberatkan. Beberapa kost diketahui menerapkan kebijakan yang cukup merepotkan terkait biaya awal dan jatuh tempo pembayaran.

Kost yang memiliki fasilitas keamanan

Image: Pixabay

CCTV, kunci pagar, dan penjagaan tempat kost adalah beberapa kriteria penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja ketika memilih kost bagi para pekerja. Selain memastikan lingkungan aman dari tindak kejahatan, fasilitas pendukungnya pun tetap diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk.

Benda-benda penting untuk menjalankan pekerjaan seperti laptop dan hp yang kamu simpan di kamar kost harus dijaga keamanannya. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Nyatanya sebagian besar tempat kost saat ini sudah mulai dilengkapi dengan fasilitas keamanan dasar.

Nah, demikianlah beberapa tips memilih kost yang cocok untuk work from home! Jika kamu butuh rekomendasi hunian yang jauh lebih nyaman dan efisien untuk bekerja sehari-hari, sebaiknya kamu pertimbangkan co-living space. Mau tahu info selengkapnya? Cek disini!