Pilih sewa apartemen atau tinggal di tempat kost?

Antara apartemen dan kost, mana yang lebih baik?

Pilih sewa apartemen atau tinggal di tempat kost?

Sewa tempat tinggal selama bekerja di luar kota atau melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan banyak orang.

Sebagian memilih kontrak rumah karena harus tinggal dengan beberapa orang sekaligus, sebagian lainnya memilih unit apartemen dan kost agar lebih efisien.

Namun, sewa apartemen dan kost nyatanya lebih populer, terutama di kalangan generasi muda. Dua jenis properti sewaan ini memang terbukti lebih sesuai dengan kebutuhan hidup kaum pekerja muda dan mahasiswa.

Selain karena mudah dikelola sendirian, apartemen dan kost biasanya sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan sarana penunjang untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Nah, diantara dua pilihan tersebut, kira-kira mana yang paling sesuai dengan standar yang kamu cari? Simak perbandingannya berikut ini:

Perbedaan tinggal di apartemen dan kost

Image source: https://unsplash.com/photos/UHyrjKPsshk

Selain soal tata bangunan, perbedaan mendasar antara apartemen dan kost adalah layanan dan fasilitas yang tersedia untuk masing-masing penghuni.

Jika di apartemen terdapat fasilitas-fasilitas lengkap mulai dari restoran sampai sarana olahraga, tempat kost biasanya lebih mengutamakan kebutuhan fundamental sehari-hari seperti laundry, pembersihan, dan konsumsi.

Kalau kamu butuh tempat tinggal yang efisien, kamu bisa pilih tinggal di kost. Namun, jika kamu mencari kemudahan akses, fasilitas, privasi, serta keamanan yang lebih terjamin, sebaiknya pilih tinggal di apartemen.

Kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen

Image source: https://unsplash.com/photos/ALpEkP29Eys

Selain ketersediaan fasilitas dan akses lokasi yang mudah, apartemen menawarkan lebih banyak tipe unit dibanding tempat kost.

Misalnya saja bagi penyewa yang ingin tinggal di apartemen bersama keluarga atau teman, tersedia unit dengan 2 kamar, 3 kamar, hingga tipe Penthouse yang lebih eksklusif.

Apartemen juga menyediakan layanan-layanan hunian seperti cleaning service, laundry, dan berbagai layanan privat tertentu.

Hanya saja, untuk mendapatkan semua layanan itu, penghuni harus mengeluarkan biaya terpisah diluar biaya sewa. Selain itu, biaya listrik, air, tv kabel, dan internet pun harus ditanggung sendiri oleh penghuni.

Biaya sewa apartemen vs kost

Image source: https://unsplash.com/photos/P4ONXslEkxM

Salah satu pertimbangan paling penting bagi calon penghuni adalah biaya sewa. Untuk urusan yang satu ini, ada perbedaan yang cukup signifikan antara sewa apartemen VS kost. Pada umumnya, biaya sewa apartemen jauh lebih tinggi dibanding harga sewa kost.

Pertama, hal ini berkaitan dengan tata kelola dan nilai investasi yang tinggi dari apartemen. Meskipun tempat kost sama-sama bisnis yang menjanjikan, apartemen mampu memberikan pengalaman sewa yang lebih privat, aman, dan tentunya nyaman berkat desain ruangan menarik dan fasilitas yang serba lengkap.

Kedua, harga sewa kost jauh lebih terjangkau salah satunya karena dikelola oleh pribadi tanpa legalitas usaha resmi seperti halnya developer properti. Namun, setiap tempat kost juga menerapkan harga sewa yang berbeda-beda sesuai target pasarnya.

Sistem pembayaran apartemen vs kost

Image source: https://www.123rf.com/photo_74451750_man-hand-give-indonesian-money-rupiah.html

Mungkin diantara kamu ada yang bertanya-tanya terkait sistem pembayaran sewa apartemen. Perlu diketahui bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara sistem pembayaran apartemen dan kost.

Namun, prosedur pembayaran di apartemen memerlukan beberapa syarat awal sebelum transaksi, diantaranya kesepakatan dengan pemilik unit, down payment (DP), dan terakhir pelunasan.

Selain itu, beberapa apartemen juga menerapkan kebijakan deposit, yaitu uang jaminan sesuai jumlah yang sudah disepakati yang dibayarkan penyewa kepada pemilik sebelum masa sewa.

Jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan unit yang disebabkan pihak penyewa, maka uang deposit ini akan digunakan untuk biaya perbaikan. Tetapi jika tidak ada kerusakan apapun hingga masa sewa habis, maka uang deposit akan dikembalikan secara utuh.

Cove, solusi hunian eksklusif yang lebih terjangkau

Jika perbandingan-perbandingan tadi belum cukup membantu untuk menentukan pilihan terbaik, bagaimana kalau kamu tinggal di hunian eksklusif yang serba lengkap dan nyaman, sekaligus memiliki kemudahan dan efisiensi seperti halnya tinggal di kost?

Menariknya lagi, kamu bisa mencari penawaran harga terbaik dengan sistem sewa yang lebih fleksibel. Kalau ini yang kamu cari, Cove adalah pilihan yang tepat!

Cove menawarkan kost eksklusif dengan konsep co-living di sejumlah kawasan strategis di Jakarta dan area sekitarnya. Setiap penghuni akan mendapatkan akses komunitas, fasilitas hunian terkini, hingga pelayanan housekeeping profesional. Cari tahu info selengkapnya disini!