Ketahui 5 Manfaat Memiliki Rooftop di Tempat Tinggal

Ketahui 5 Manfaat Memiliki Rooftop di Tempat Tinggal
Manfaat Memiliki Rooftop di Tempat Tinggal, photo by Cove Gran-Inn

Rooftop adalah bagian paling atas dari sebuah bangunan yang bentuknya mendatar dan dibuat dalam konstruksi dak beton. Banyak sekali bangunan bertingkat dengan model rooftop yang bisa kita temui hampir di mana-mana, mulai dari perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, hingga restoran. Dulu, penggunaan desain rooftop memang lebih banyak diaplikasikan pada jenis bangunan komersial seperti ini. Namun seiring berjalannya waktu, sebagian besar masyarakat kini turut mewujudkan hunian idaman mereka melalui kehadiran rooftop. Hal ini dikarenakan manfaat memiliki rooftop di tempat tinggal benar-benar mendukung segala aktivitas harian mereka.

Umumnya, area rooftop sering digunakan sebagai tempat untuk relaksasi ataupun berkumpul bersama kerabat dekat. Letaknya yang berada di luar ruangan juga memungkinkan para penghuninya untuk lebih bebas dalam beraktivitas, mengingat suara-suara yang ditimbulkan mungkin saja berpotensi mengganggu sang penghuni rumah jika dilakukan di dalam rumah. Itulah mengapa, area rooftop dinilai jauh lebih nyaman untuk dijadikan tempat hang-out ketimbang ruang keluarga yang didesain secara tertutup.

Selain itu, rooftop juga bisa disulap menjadi sebuah taman bunga, yang memungkinkan pemiliknya untuk melakukan banyak aktivitas produktif, seperti misalnya berkebun. Nah, untuk kamu yang berencana membuat rooftop dalam hunianmu, perhatikan sejumlah manfaat memiliki rooftop di tempat tinggal berikut ini.

Manfaat Memiliki Rooftop di Tempat Tinggal

1. Sebagai Tempat Beristirahat yang Menenangkan

Sebagai Tempat Beristirahat yang Menenangkan, photo by Cove Katalia

Menurut sebuah studi oleh University of Exeter Medical School, memiliki kontak teratur dengan alam dan ruang terbuka hijau di daerah perkotaan dapat membantu seseorang untuk tetap sehat secara mental ketimbang mereka yang jarang bersantai sejenak untuk menghirup udara segar. Ini berarti, manfaat memiliki rooftop di tempat tinggal benar-benar dapat membantu meningkatkan suasana hati setiap orang yang ingin bersantai sejenak untuk menenangkan pikiran.

Meski dibangun dalam space yang tidak terlalu luas, penataan area rooftop juga perlu diperhatikan dengan sebaik mungkin agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Mulailah dengan memilih furnitur yang awet, tidak mudah berkarat, dan memang dikhususkan untuk penggunaan di luar ruangan. Sebagai opsi, tambahkan juga beberapa jenis tanaman hias yang memiliki daya tahan terbaik terhadap segala perubahan cuaca. Menggeluti hobi terpendam sambil menatap indahnya panorama alam di sore hari akan terasa lebih menyenangkan, bukan?

2. Menjadi Ruang Tambahan untuk Aktivitas Harian

Menjadi Ruang Tambahan untuk Aktivitas Harian, photo by Cove Urban

Keterbatasan lahan mungkin seringkali menjadi polemik yang tidak berkesudahan saat ingin membangun rumah impian. Bahkan, tidak sedikit pula rumah-rumah bertingkat di lahan terbatas yang kini harus mengorbankan teras depan rumah mereka demi ruang gerak yang lebih nyaman pada area ruang tamu. Nah, dengan memiliki sebuah rooftop, kamu tidak akan kebingungan lagi dalam melakukan berbagai aktivitas pribadi yang membutuhkan udara segar ataupun sinar matahari secara langsung, mulai dari mencuci, menjemur pakaian, meditasi, hingga berolahraga di dalam rumah.

Jika kamu belum memiliki ruang tambahan untuk sekedar menyimpan peralatan rumah tangga maupun barang-barang yang sudah jarang terpakai, area rooftop juga bisa digunakan sebagai gudang multifungsi, lho. Mengingat letaknya yang berada cukup jauh dari jangkauan, pastikan untuk membuat space khusus secara tertutup yang sudah dilengkapi dengan kunci pelindung agar lebih aman dari segala peristiwa yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Inilah 8 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kamar!

3. Tempat untuk Berkebun

Tempat untuk Berkebun, photo by Unspash/Zoe Schaeffer

Bagi kamu yang hobi berkebun, namun tidak memiliki pekarangan yang cukup untuk merealisasikannya, opsi untuk memiliki rooftop di dalam hunian sangatlah disarankan. Kamu bisa memilih jenis tanaman yang kuat terhadap sinar matahari langsung, serta memiliki karakteristik pertumbuhan yang lambat, di antaranya adalah mawar, melati, pandan, lidah mertua, hingga kaktus. Ingin menanam aneka sayuran dan buah-buahan? Tanaman seperti jambu, jeruk, tomat, dan kangkung, bisa menjadi pilihan yang tepat.

Keberadaan tumbuhan di sebuah rooftop juga mampu meningkatkan kualitas udara di sekitarnya lewat aktivitas fotosintesis. Seperti yang telah diketahui, manusia akan menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2). Nah, seluruh tanaman ini nantinya akan membantu menghasilkan oksigen sembari menyerap karbondioksida di udara. Itulah mengapa, meletakkan aneka tanaman hias di area rooftop sangat direkomendasikan demi terciptanya udara segar di sekitar tempat tinggalmu.

4. Memberikan Rasa Sejuk

Memberikan Rasa Sejuk, photo by Cove Nine

Manfaat memiliki rooftop di tempat tinggal salah satunya adalah dapat menyumbang kesejukkan di sekitar rumah. Selain berstatus sebagai tempat tinggal, rumah sejatinya merupakan tempat berlindung yang paling aman dari berbagai kondisi alam. Oleh karena itu, pastikan rooftop yang kamu miliki benar-benar mampu menyerap sinar matahari langsung yang menerpa bagian atap. Ini akan berlaku jika kamu menerapkan konsep rooftop garden di area tersebut. Banyaknya tanaman yang kamu miliki dapat mengurangi setidaknya 10 hingga 25 persen udara panas ke dalam rumah.

Baca Juga: 10 Fasilitas Kost Eksklusif yang Nyaman dan Bikin Betah!

5. Sebagai Tempat Alternatif Berkumpul

Sebagai Tempat Alternatif Berkumpul, photo by Pexels/Cottonbro

Manfaat memiliki rooftop di tempat tinggal yang satu ini kerap dijadikan sebagai faktor pendorong paling utama bagi setiap orang yang ingin memilikinya. Rooftop dapat menjadi area alternatif untuk berkumpul bersama kerabat dekat. Kamu juga bisa dengan bebas melakukan berbagai aktivitas seru, termasuk barbeque party, tanpa harus khawatir suara bising yang ditimbulkan dapat mengganggu penghuni rumah yang lainnya. Karena, sejatinya sebuah roof garden yang dipenuhi dengan hamparan segala jenis tanaman dinilai mampu meredam hingar-bingar suara yang berasal dari bagian luar rumah.

Nah, cara kerjanya, setiap tanah yang berasal dari tanaman akan membantu menyerap, memantulkan, dan membelokkan gelombang suara sehingga kebisingan yang muncul dapat dikurangi dalam jumlah yang cukup besar, yakni sebanyak 3 sampai 8 desibel. Agar rooftop rumahmu semakin terlihat menarik, tambahkan juga beberapa item seru yang mampu membuat teman-temanmu semakin betah untuk nongkrong, mulai dari set meja dan kursi yang nyaman, area duduk berupa bean bag, lampu-lampu gantung, hingga sebuah pantry kecil bila memungkinkan. Pertimbangkan penggunaan kanopi semi-transparan untuk melindungi sejumlah furnitur dari terpaan sinar matahari langsung ataupun percikan air hujan.

Itulah kelima manfaat memiliki rooftop di tempat tinggal yang wajib untuk kamu ketahui. Jangan lupa untuk memerhatikan kekuatan struktur bangunan dan sistem saluran air yang baik guna mencegah rembesnya air ke dalam ruangan yang ada di bawahnya.

Kost Eksklusif dengan Fasilitas Rooftop

Kost Eksklusif dengan Fasilitas Rooftop, photo by Cove Sky

Memutuskan untuk membangun area rooftop ke dalam hunian tentunya ada banyak sekali hal yang perlu menjadi perhatian, mengingat letaknya yang berada di luar ruangan sekaligus berfungsi sebagai pelindung bangunan.

Nah, kalau kamu tinggal di unit Cove Sky, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana cara merawat rooftop yang ideal agar tetap awet. Karena di Cove Sky, kamu bisa menikmati sebuah kost eksklusif dengan fasilitas rooftop yang bisa mendukung segala aktivitasmu. Suasananya yang teduh sekaligus menenangkan pastinya bakal menjamin kamu betah untuk sekedar santai di sini sambil bersosialisasi dengan penghuni kos lainnya.

Ketahui lebih lanjut tentang Cove Sky melalui WhatsApp, atau lakukan book viewing sekarang juga melalui laman Cove Sky.


Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan lainnya hanya di Cove!