10 Manfaat Diffuser untuk Kesehatan, Apa Saja?

10 Manfaat Diffuser untuk Kesehatan, Apa Saja?
Manfaat Diffuser untuk Kesehatan

Penggunaan pelembap ruangan atau lebih dikenal dengan diffuser memang kini semakin digemari oleh banyak orang. Biasanya, alat ini digunakan bersama minyak aromaterapi dengan berbagai aroma untuk membuat ruangan menjadi harum dan lembap di saat yang sama.

Penggunaan diffuser ternyata bukan sekadar tren, lho. Menurut beberapa ahli kesehatan, banyak manfaat diffuser yang bisa kita dapatkan khususnya dalam segi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Lihat jawaban lengkapnya pada artikel ini, yuk!

Melancarkan Pernapasan

Sering mendengar kalau akhir-akhir ini, kualitas udara di Indonesia, khususnya Jabodetabek sedang buruk? Nah, menggunakan diffuser di kamar bisa jadi solusi kamu, nih! Pasalnya diffuser yang dipadupadankan dengan minyak aromaterapi yang menenangkan bisa membantu mengurangi peradangan dan penyumbatan di saluran pernapasan. Kamu bisa menggunakan minyak aromaterapi seperti peppermint, lemongrass, atau eucalyptus untuk membantu melancarkan pernapasan.

Meningkatkan Fokus dan Mood

Siapa sangka, ternyata diffuser juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan mood kita, lho. Hal ini didapatkan dari efek aromaterapi yang sejuk dan menenangkan, sehingga suasana hati lebih baik dan otak cenderung lebih fokus dalam melakukan suatu pekerjaan. Bisa jadi teman kamu saat Work From Home, nih!

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi Minyak Aromaterapi, photo by CNN Indonesia

Kualitas tidur yang kurang baik cenderung membuat kita mudah lelah, serta tidak semangat menjalani aktivitas di keesokan harinya. Selain menghindari menggunakan handphone mendekati waktu tidur, penggunaan diffuser dengan minyak aromaterapi seperti lavender dan cedarwood juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Mengendalikan Nafsu Makan

Midnight craving atau rasa lapar di tengah malam memang bisa mengganggu berat badan ideal. Kabar baiknya, penggunaan diffuser dengan kombinasi minyak peppermint dipercaya bisa mengendalikan nafsu makan dengan cara memicu respon kenyang dalam tubuh.  

Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Manfaat diffuser selanjutnya bagi kesehatan adalah meredakan nyeri sendi. Sebenarnya, untuk meredakan nyeri sendi, mengoleskan minyak aromaterapi bisa membantu meredakan rasa nyeri pada tubuh. Nah, penguapan yang didapatkan dari diffuser juga bisa membantu daya kerjanya menjadi lebih optimal. Kamu bisa menggunakan minyak dengan aroma peppermint, chamomile, hingga minyak atsiri untuk meredakan rasa nyeri pada sendi dan otot.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Siapa sangka, penggunaan diffuser dalam jangka panjang juga bisa memberikan efek terapi untuk mencegah faktor-faktor yang menghambat fungsi kognitif kita, lho. Hasilnya, hormon tubuh menjadi seimbang karena penggunaan diffuser dipercaya memiliki kualitas adaptogenik.

Berguna Sebagai Anti-virus

Kombinasi dari penggunaan diffuser dengan minyak adas telah dibuktikan oleh beberapa penelitian mampu menghancurkan herpes simplex hingga dengan 99%. Tidak hanya virus tersebut, penggunaan diffuser dengan minyak eucalyptus juga mampu memerangi virus influenza secara efektif. Keren banget, ya?

Menjaga Kesehatan Kulit

Pernah nggak sih, kamu merasakan kulit yang terasa kering akibat terlalu lama di dalam ruangan ber-AC? Nah, menyalakan diffuser bisa menjaga kelembapan kulit kamu meskipun berada di dalam ruangan dalam waktu yang lama. Hasilnya, kulit tetap halus, kenyal, dan kencang.

Mengusir Nyamuk dan Serangga

Mengusir nyamuk dan serangga menggunakan sapu lidi ataupun raket elektrik memang terbukti efektif, namun terasa melelahkan bagi tubuh. Benar, kan? Nah, menggunakan diffuser dengan minyak aroma clove, lemongrass, lavender, atau lavender dinilai efektif mengusir nyamuk dan serangga dari ruangan. Selain lebih praktis, ruangan pun jadi terasa lebih segar.

Mengurangi Risiko Peradangan

Manfaat diffuser yang terakhir bagi kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi risiko peradangan pada tubuh. Kamu bisa memilih minyak aromaterapi yang mengandung sifat anti-inflamasi seperti green tea, eucalyptus, rose, atau bergamot untuk membantu menyeimbangkan kondisi kulit dari berbagai gangguan, termasuk gangguan peradangan yang dapat menimbulkan gejala kemerahan dan rasa gatal pada kulit.

Oh ya, kalau kamu memiliki kulit yang sensitif dan rentan bereaksi terhadap bahan tertentu, sebelum mencampurkan minyak aromaterapi dalam diffuser, pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes minyak pada lengan, kemudian menutupinya dengan perban selama beberapa jam untuk uji sensitivitas kulit. Jika kulit terlihat bersih dan tidak ada efek samping tertentu, maka kamu bisa menggunakan minyak aromaterapi tersebut dengan aman.

Cara Menggunakan Diffuser di dalam Ruangan

Langkah Menggunakan Diffuser bersama Minyak Aromaterapi, photo from Pexels 

Saat ini, sudah banyak jenis diffuser yang berbeda sehingga kamu bisa memilihnya sesuai dengan preferensi kamu. Kamu bisa memilih diffuser dengan ukuran yang kecil jika memang ruangan yang akan kamu tempati diffuser berukuran kecil hingga sedang, atau diffuser berkapasitas besar jika ruangan kamu cukup luas. Oh ya, selain kapasitas air dan ukuran, kamu juga bisa memilih diffuser yang memiliki lampu sehingga bisa digunakan sebagai lampu tidur sekaligus. Pastikan juga proses pencampuran air dengan minyak aroma terapi yang kamu pilih sudah disesuaikan dengan ukuran diffuser yang kamu miliki, ya. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena saat ini, mayoritas diffuser yang dijual di pasaran memiliki fitur timer sehingga kamu bisa mengatur berapa lama diffuser kamu akan menyala dan mengeluarkan uap dari campuran air dan minyak aromaterapi yang kamu pilih.

Untuk lokasi penempatan diffuser sendiri, kamu memiliki kebebasan mulai dari menaruhnya di meja kerja, samping tempat tidur, atau nakas di sudut kamar untuk membantu kamu beristirahat dengan nyaman, dan juga membuat tampilan kamar semakin aesthetic.

Pilihan Hunian Nyaman untuk Menunjang Segala Aktivitas

Cove, Pilihan untuk Hunian Nyamanmu

Kenyamanan untuk beraktivitas hingga beristirahat dengan tenang tidak hanya melalui penggunaan diffuser saja, lho. Banyak faktor lainnya seperti kamar dengan sirkulasi udara yang baik, furnitur atau fasilitas yang memadai, bahkan dari desain kamar itu sendiri.

Baca juga: Kost Eksklusif vs Kost Biasa: Apa Kelebihannya?

Nah, untuk menunjang segala aktivitasmu dengan nyaman, kamu bisa memilih hunian dari Cove yang kini tersebar di beberapa daerah di Jakarta, Depok dan Tangerang. Tidak hanya dilengkapi dengan kamar berdesain menarik, Cove juga menghadirkan hunian nyaman berupa kamar full furnished beserta dengan koneksi internet berkekuatan cepat untuk menunjang segala aktivitas kamu.

Tidak hanya fasilitas di dalam kamar, kamu juga bisa mengakses berbagai fasilitas umum seperti laundry, pembersihan umum, dapur, area makan, rooftop, hingga pusat kebugaran dan lounge untuk menerima tamu. Menarik sekali, ya?

Jika kamu tertarik untuk tinggal di Cove, yuk segera cek listing properti Cove dan follow Instagram Cove Indonesia untuk melihat lebih banyak info serta update terbaru dari Cove!