5 Lapangan Badminton Jakarta Timur, Ada Taufik Hidayat Arena

5 Lapangan Badminton Jakarta Timur, Ada Taufik Hidayat Arena
Lapangan Badminton Jakarta Timur, photo by freepik

Apakah kamu termasuk penggemar olahraga bulu tangkis? Jenis olahraga yang bisa dimainkan oleh dua pemain (tunggal) atau dua pasangan (ganda) ini memang selalu menjadi favorit bagi tiap generasi. Pasalnya, selain menjadi kegiatan fisik yang menyenangkan dan dapat dinikmati pada waktu luang, bulu tangkis juga menawarkan manfaat yang cukup bagi kesehatan. Banyak orang memilih bermain dengan teman dekat atau bergabung bersama klub badminton untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Nah, apabila kamu berdomisili di Jakarta Timur, kelima rekomendasi lapangan badminton Jakarta Timur ini bisa menjadi pilihan untuk kamu unjuk kebolehan.

5 Lapangan Badminton Jakarta Timur

1. GOR Otista

GOR Otista, photo by Arifin Nugroho

GOR Otista termasuk ke dalam deretan lapangan badminton Jakarta Timur yang begitu digemari oleh warga sekitar untuk sekedar sparing sambil mengasah skill bermain bulu tangkis. Salah satu faktor yang menarik dari GOR Otista adalah keberadaan area tribun penonton untuk sekedar duduk-duduk sambil menyaksikan pertandingan, bahkan kualitas lapangan di sini sudah berstandar nasional sehingga lebih nyaman untuk digunakan.

Gedung olahraga ini juga dilengkapi dengan area kolam renang, masjid, hingga ruang serbaguna yang bisa disewa. Selain bulu tangkis, lapangan di dalam GOR Otista bisa sekaligus digunakan untuk pertandingan basket, futsal, dan voli. Tempat parkirnya pun cukup luas sehingga bisa memuat banyak kendaraan bermobil, sementara tarif yang dikenakan yaitu sekitar Rp85 ribu /2 jam.

Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata Raya No.121, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Jam operasional: 08.00 - 18.00 WIB

2. Taufik Hidayat Arena

Taufik Hidayat Arena, photo by BakTi

Mantan pebulutangkis nasional Taufik Hidayat ternyata mendirikan sebuah gelanggang bulu tangkis yang diberi nama Taufik Hidayat Arena atau biasa disebut THA. Berdiri di atas lahan seluas 6.600 meter persegi dan terbagi menjadi dua lantai, THA memiliki setidaknya 8 lapangan indoor dan outdoor berstandar internasional yang bisa digunakan dengan bebas oleh setiap pengunjung. Ada pula sederet fasilitas pendukung, seperti lapangan basket, jogging track, kelas balet, zumba, dan lain-lain.

Selain mempunyai fasilitas terlengkap, THA juga membuka program pelatihan badminton mulai dari tingkat yang paling dasar hingga lanjutan layaknya atlet profesional. Satu hal yang perlu diperhatikan, THA mewajibkan setiap pengunjungnya untuk mengenakan sepatu khusus badminton untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, tetapi jangan khawatir karena THA menyediakan tempat penyewaan sepatu jika kamu belum memilikinya. Para pengunjung cukup membayar Rp60 ribu /jam saja jika ingin bermain di dalam GOR ini. Cukup terjangkau, bukan?

Alamat: Jl. Raya Pkp No.8, RT.7/RW.12, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13720
Jam operasional: 09.00 - 00.00 WIB
Nomor kontak/Instagram: 082124940633 / @taufikhidayatarena

3. GOR Gemilang Condet

GOR Gemilang Condet, photo by Diaz Miguel

GOR Gemilang Condet menjadi salah satu opsi lapangan badminton Jakarta Timur yang bisa kamu pilih untuk berolahraga. Pasalnya, GOR ini menyediakan 6 lapangan indoor badminton dengan alas atau material karpet yang sangat nyaman. Tempatnya pun cukup bersih dan luas, serta didukung pula dengan langit-langit yang cukup tinggi untuk menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan.

Selain itu, GOR Gemilang Condet juga menyediakan toko olahraga khusus yang bisa kamu manfaatkan untuk menyewa raket ataupun membeli shuttlecock. Jadi, tak perlu khawatir jika kamu belum memiliki peralatan yang mendukung untuk bermain. Fasilitas pendukung lainnya dari GOR yang satu ini adalah ketersediaan ruang ganti baju, kantin, toilet, dan musholla kecil. Sementara itu, harga sewa lapangan dimulai dari Rp45 ribu /jam.

Alamat: Jl. Batu Ampar 1 No.3b, Batu Ampar, Kramat jati, Jakarta Timur, 13520
Jam operasional: Senin (11.00 - 22.00), Selasa - Minggu (09.00 - 23.00) 

4. Badminton Hall Member

Badminton Hall Member, photo by Hendri Meirandi

Badminton Hall Member atau yang biasa disebut dengan BHM juga tak kalah menarik dibanding lapangan badminton Jakarta Timur lainnya. Hal ini karena BHM dikenal dengan kebersihan fasilitasnya yang terjaga serta memiliki hospitality terbaik. Setiap pengunjung juga akan dibuat nyaman dengan sistem pencahayaan yang cukup terang. Ini memungkinkan kamu untuk bisa melihat dengan jelas lintasan bulu tangkis, gerakan shuttlecock, ataupun serangan pemain lawan. Bangunan BHM terdiri dari 3 lantai yang mampu menampung sekitar 6 lapangan bulu tangkis.

Alamat: Jl. Bekasi Barat IV No.13, RT.9/RW.2, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350
Jam operasional: 06.30 - 23.30 WIB
Nomor kontak: (021) 8573080 

5. GOR Makasar

GOR Makasar, photo by Nurlis Kumala Sari

Rekomendasi lapangan badminton Jakarta Timur yang kelima adalah GOR Makasar. Gelanggang ini memiliki setidaknya 4 lapangan bulu tangkis dengan jenis lantai kayu yang dipernis, sehingga memungkinkan kamu untuk bisa memiliki kontrol yang baik terhadap gerakan saat bermain. Tarif sewa yang dikenakan pun murah meriah, yaitu sekitar Rp25 ribuan saja per jamnya. Selain itu, GOR Makasar juga didukung dengan sistem penerangan yang sangat memadai di dalam ruangan, hal ini dapat meningkatkan pengalaman berolahraga secara keseluruhan. Tersedia pula tempat parkir yang luas, toilet bersih, dan area kantin untuk sekedar mengisi perut.

Alamat: Jl. Gelanggang Remaja No.43 1, RT.1/RW.5, Makasar, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13570
Jam operasional: 08.00 - 16.00 WIB 

Kamu bisa langsung mengunjungi deretan lapangan badminton Jakarta Timur tadi jika ingin bermain. Jangan lupa untuk mengajak teman-temanmu yang lain, ya!