Lantai Kayu untuk Interior? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Lantai Kayu untuk Interior? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Interior dengan lantai kayu

Ketika membangun atau merenovasi rumah, lantai jadi bagian dasar yang penting dan nggak mungkin terlewatkan. Umumnya, lantai menggunakan material keramik dan biasanya berwarna putih. Namun, ada opsi lain yang bisa menambah estetika interior kamu, lho, yaitu lantai kayu.

Lantai kayu yang dikenal juga dengan sebutan lantai parket adalah salah satu material yang cukup populer dan bisa mengubah kesan interior rumah secara drastis. Nggak hanya pada desain rumah model lama, lantai kayu juga cocok untuk desain interior yang modern.

Kayu bisa jadi material yang mendominasi interior rumah. Pemilihan jenis kayu untuk lantai juga harus diperhatikan karena ada berbagai pilihan yang harus dipertimbangkan. Nah, kalau kamu tertarik dengan elemen kayu untuk mempercantik interior, cek kelebihan dan kekurangan lantai kayu berikut ini!

Kelebihan lantai kayu

Pemasangan yang mudah

Proses pemasangan lantai kayu tidak terlalu sulit. Jika permukaan lantai sudah tertutup rata dengan beton, proses pemasangan lantai kayu tidak memakan banyak waktu sehingga lebih efisien.

Memberi tampilan artistik

Lantai kayu memiliki tampilan artistik tersendiri dan bisa memberi tampilan berbeda pada interior ruangan. Tidak hanya itu, lantai kayu juga mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya atau model interior. Lantai kayu bisa memberikan kesan yang elegan, mewah, hangat, bahkan sederhana.

Tidak terlalu keras

Lantai kayu terbuat dari bahan alami sehingga tidak sekeras lantai keramik dan yang lainnya. Tekstur kayu yang halus dan ringan dapat mengurangi risiko cedera saat ada yang jatuh dan membentur lantai. Oleh karena itu, lantai kayu merupakan salah satu pilihan yang tepat digunakan untuk keluarga yang memiliki anak-anak.

Dapat menstabilkan suhu ruangan

Sering merasa ruangan terlalu gerah atau terlalu dingin? Lantai kayu dapat meredam suhu panas dan suhu dingin yang berlebihan di dalam ruangan. Ruangan yang menggunakan lantai kayu bisa memiliki suhu yang lebih stabil.

Kekurangan lantai kayu

Butuh perawatan khusus

Lantai keramik hanya perlu dibersihkan secara rutin. Namun, selain dibersihkan seperti biasa, lantai kayu membutuhkan perawatan khusus agar memiliki tampilan yang mengkilap. Permukaan lantai kayu perlu rutin dipoles supaya tidak kusam dan tetap mengkilap.

Mudah tergores

Benda tajam dapat lebih mudah merusak permukaan lantai kayu sehingga menimbulkan goresan. Banyak goresan dapat membuat tampilan lantai kayu terlihat kusam dan tidak menarik. Maka itu, lebih baik berhati-hati saat memindahkan atau menggeser furnitur supaya tidak merusak permukaan lantai kayu.

Tidak begitu tahan lama

Jika tidak dirawat dengan benar, kayu memiliki sifat yang mudah lapuk atau mudah rusak. Agar lantai kayu tetap kuat, perlu memperhatikan perawatannya. Lantai kayu kurang disarankan di tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Kamu juga harus memperhatikan saat membersihkan lantai kayu, karena finishing-nya cenderung mudah terkikis. Selain itu, tidak menutup kemungkinan kalau lantai kayu juga mudah terserang rayap dan jamur.

Warna mudah pudar

Kekurangan lantai kayu lainnya adalah warna permukaan yang mudah memudar. Berbeda dengan lantai keramik atau marmer yang memiliki ketahanan warna serta permukaan yang lebih lama dan lebih kuat, warna lantai kayu lebih cepat berubah. Hal ini perlu dipertimbangkan, ya.

Inspirasi desain ruangan dengan lantai kayu

Sebagai referensi, cek beberapa ide desain interior ruangan yang menggunakan lantai kayu berikut ini:

Kamar dengan lantai kayu

Cove Lenna Residence Premiere

Kamar dengan lantai kayu bisa bikin suasana jadi terlihat kalem dan teduh. Dipadukan dengan tipe tempat tidur yang menempel langsung ke lantai dan desain interior seperti gambar di atas, jadi terasa ala-ala Jepang, kan?

Ruang makan dengan lantai kayu

Cove The Day

Lantai kayu juga cocok digunakan di ruang makan, lho. Lantai kayu berwarna terang serta furnitur warna senada dengan aksen warna hitam tetap membuat ruangan terlihat modern dan elegan.

Ruang tamu dengan lantai kayu

Cove Central One

Ingin membuat ruang tamu terlihat lebih hangat? Kamu bisa menggunakan lantai kayu! Warnanya yang netral bisa cocok dengan beragam warna tanpa terlihat terlalu monoton atau terlalu mencolok.

Ruang santai dengan lantai kayu

Cove Laguna

Selain di dalam ruangan, lantai kayu juga bisa untuk luar ruangan, lho. Intip ruang santai ini yang menggunakan lantai kayu. Warna lantai kayu yang cenderung gelap dilengkapi dengan tempat duduk santai berwarna cerah membuatnya jadi nggak terlihat tua atau membosankan!

Cove 2510 Urban Living

Satu lagi hunian yang menggunakan lantai kayu dengan apik, yaitu kost eksklusif Cove 2510 di Jakarta!

Cove 2510, kost eksklusif di Kemang

Terletak di kawasan urban bergengsi di Jakarta Selatan yang strategis, Cove 2510 Urban Living berjarak hanya 500 meter dari Lippo Mall Kemang. Unit ini menawarkan hunian nyaman dengan desain minimalis untuk para profesional muda, lengkap dengan berbagai fasilitas umum seperti area dapur dan lobby, hingga tempat makan di dalam gedung kost.

Dengan lokasi strategis di Jakarta Selatan, fasilitas lengkap, desain interior yang memanjakan mata, kamu bisa tinggal di Cove 2510 dengan 6 juta / bulan. Yuk, cek info lengkapnya dan segera book untuk lihat-lihat Cove 2510 Urban Living!


Temukan kost eksklusif di Jakarta hanya di Cove!