7 Tips dan Cara Pindah Kost Tanpa Pusing!

7 Tips dan Cara Pindah Kost Tanpa Pusing!

Mempersiapkan diri buat pindah kost memang sangat melelahkan dan merepotkan. Oleh karena itu, pindah kost harus dipersiapkan dengan matang. Jadi, buat anak rantau yang ingin pindah kost pastikan jangan mendadak ya. Biar kamu gak pusing saat pindahan, ikuti tips mengenai cara pindah kost berikut ini yuk!

7 Cara Pindah Kost

1. Cari dan Survey Kost Pengganti

Cari kost pengganti, photo by Cove

Sebelum pindah dari kost lama, yang harus kamu pikirkan adalah mencari kost baru terlebih dahulu. Cari dan survey kost di lokasi pilihanmu. Kamu bisa mencari kost secara online seperti di website Cove. Kemurian, kenapa harus survey? Dengan survey kost, kamu dapat melihat secara langsung bagaimana tampak kost tersebut.

Di samping melihat secara langsung, ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan saat survey kost. Beberapa hal tersebut seperti, fasilitas, jarak ke kantor atau kampus, akses transportasi umum, hingga area parkir. Apabila sudah cocok, kamu bisa booking kamar terlebih dahulu.

2. Buat List Barang-Barang yang Dipindah

Buat list barang pindahan, photo by Wild Apricot

Membuat list berisi barang-barang apa saja yang akan kamu bawa ke kost baru patut dilakukan. Pastikan kamu list dari barang paling penting untuk dipindahkan hingga barang-barang kecil. Cara pindah kost dengan menuliskan barang apa saja yang akan dibawa akan meminimalisir terjadinya kehilangan barang atau tercecer.

3. Buang/Sumbangkan Barang Tak Terpakai

Barang tak terpakai, photo by The Spruce

Mungkin, tidak semua barang yang ada di kostmu saat ini penting untuk dibawa pindah ke kost baru. Nah, kamu bisa mulai lakukan decluttering dengan menyortir barang apa saja yang sekiranya masih digunakan dan sudah tidak digunakan. Apabila kamu memiliki barang tak terpakai yang masih layak, bisa banget loh diberikan kepada yang membutuhkan. Sebaliknya, barang yang tak terpakai dan sudah tidak dapat digunakan bisa langsung dibuang agar tidak menumpuk saat pindahan.

4. Kemas Baju dan Alat Mandi di Koper

Kemas Baju di Koper, photo by AWOL

Saat pindahan kost, kamu akan dihadapkan dengan tumpukan barang. Baju dan alat mandi merupakan barang-barang krusial yang harus kamu pisahkan dari barang lainnya. Sebaiknya, saat pindah kost kamu mengemas baju dan alat mandi di dalam koper atau tas agar lebih mudah saat ingin mengambilnya.

5. Packing Barang dengan Kardus

Packing barang dengan kardus, photo by Stufftinn

Pasti akan banyak barang yang kamu kemas saat pindahan. Dalam mengemas barang ini kamu disarankan menggunakan kardus besar agar dapat masuk banyak barang sekaligus. Selain menggunakan kardus, kamu juga disarankan untuk mengelompokkan barang tersebut dan menamainya. Misalnya, kardus A berisi alat makan dan masak, kardus B berisi ATK, kardus C berisi dekorasi kamar, dan sebagainya.

Tak hanya itu, kamu pun perlu menandai barang pecah belah dan melapisinya dengan perlindungan ekstra. Dalam mengangkut barang pecah belah pun harus berhati-hati ya agar tidak hancur atau rusak.

6. Cari Jasa Angkut atau Pindahan

Jasa Angkut Barang, photo by Yogyaku

Sudah ada tumpukan kardus tapi masih bingung membawanya? Bagi kamu yang punya mobil pribadi mungkin dapat dimanfaatkan untuk membawa barang-barang pindahan. Nah, bagi kamu yang tidak ada kendaraan pribadi di perantauan, disarankan untuk mencari jasa angkut atau pindahan ya.

Kebanyakan jasa angkut menyediakan mobil besar seperti pick up atau mini truck untuk membantu kamu membawa barang-barang. Yap, tentunya dalam proses angkut-mengangkut akan dibantu dengan crew dari jasa angkut. Jadi, kamu tak perlu banyak mengangkut barang, deh!

7. Unpack Barang Segera

Unpack barang segera, photo by Seka Moving

Saat sampai di kost baru, pastikan segera bongkar kardus dan bereskan barang-barang kamu. Ketika di unpack, periksa kembali catatan barang yang dibawa. Apabila ada barang tertinggal di kost lama kamu bisa segera mengambilnya. Segera mengunpack barang pun mempercepat kamu istirahat dengan nyaman di kost baru. Tidak mau kan tidur dengan tumpukan kardus yang berserakan hanya karena kamu malas untuk membongkar barangmu sendiri?

Nah, itu dia beberapa cara pindah kost yang dapat kamu ikuti agar pindahan tidak terlalu merepotkan dan memusingkan. Buat kamu yang mau pindah kost, cek yuk properti Cove yang menyediakan kost eksklusif dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis. Tinggal di Cove dijamin nyaman, deh! Pindah ke Cove sekarang yuk.