Ini Cara Menggunakan Microwave Supaya Kamu Gak Bingung!

Ini Cara Menggunakan Microwave Supaya Kamu Gak Bingung!
Cara Menggunakan Microwave, photo Expert Reviews

Bagi orang dengan kepribadian serba praktis, punya microwave dapat menjadi investasi berharga di dapur. Bagaimana tidak, kamu bisa memanaskan makanan hanya dalam waktu 1 - 5 menit. Oleh karena itu, gak heran kalau microwave jadi alat dapur dambaan setiap orang, khususnya para pekerja atau anak kost yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Kali ini, Cove akan membahas seputar microwave, mulai dari perbedaannya dengan oven, cara menggunakan microwave, sampai dengan do’s and don’ts dalam menggunakannya.

Perbedaan Microwave dengan Oven

Microwave (Atas) dan Oven (Bawah), photo by Pexels

Seperti kakak-beradik, kedua alat dapur ini sering tertukar. Padahal microwave dan oven merupakan alat dengan fungsi berbeda, nih! Oven merupakan alat dapur yang berfungsi untuk baking dan roasting. Sedangkan, fungsi microwave hanya terbatas untuk memanaskan makanan yang sudah matang.

Di samping fungsi, terdapat perbedaan dari efisiensi waktu. Umumnya microwave butuh 1 - 5 menit saja untuk memanaskan makanan. Sementara itu, oven perlu waktu lebih dari 15 menit untuk menunggu makanan matang. Penggunaan microwave atau oven bergantung pada kebutuhan. Kalau kamu adalah tipe orang serba praktis, microwave tentu menjadi investasi yang tepat. Tidak perlu ribet memasak, cukup panaskan makanan yang kamu beli dari restoran favorit. Sangat mudah dan praktis tanpa harus membuang banyak waktumu setiap hari. Namun, sebelum menggunakan microwave ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai cara penggunaannya agar tidak cepat rusak. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menggunakan microwave, kamu bisa cek kelanjutan artikel ini ya!

Cara Menggunakan Microwave

Memahami Fitur Microwave

Fitur di Microwave, photo by SAGA

Fitur pada mircrowave bisa jadi berbeda-beda tergantung pada merk dan serinya. Namun, secara fungsi tetap ditujukan untuk memanaskan makanan. Biasanya fitur pada microwave seperti timer, mode, tombol start atau stop, dan lain-lain. Lebih lengkapnya, kamu bisa membaca buku panduan untuk memahami seluruh fitur pada microwave. Setelah membaca dan memahami fitur, kamu tidak bingung lagi, deh, dengan cara menggunakan microwave.

Meletakkan Microwave di Tempat Datar

Microwave di Atas Meja, photo by HomelyVille

Microwave terdiri atas komponen listrik yang kompleks. Oleh karena itu, penempatannya disarankan di area yang datar. Kamu bisa meletakkan microwave di atas meja. Selain karena permukaan meja datar, meletakkan microwave di atas meja akan memudahkan kamu dalam memasukkan dan mengeluarkan makanan. Pastikan kamu tetap memiliki space sekitar 10 - 15 cm untuk menaruh makanan. Space ini juga menghindari makanan panas tumpah ketika di ambil dari microwave.

Memperhatikan Alat Masak yang Digunakan

Memperhatikan alat masak yang kamu gunakan ke dalam microwave itu berpengaruh, loh! Pasalnya microwave tidak bisa menembus alat masak berbahan logam sehingga bisa jadi makananan tidak panas dengan merata. Kamu bisa gunakan piring dan mangkuk kaca atau alat makan yang microwave safe ya.

Mengatur Suhu dan Waktu

Dalam memanaskan makanan, kamu perlu mengatur suhu dan waktu agar tidak gosong. Biasanya makanan yang dipanaskan dalam microwave hanya membutuhkan waktu 30 detik hingga 2 menit. Lebih praktis dan cepat bagi kamu yang tidak suka menunggu lama. Suhu di microwave sendiri kebanyakan tidak lebih dari 100 derajat celcius.

Memperhatikan Wadah

Memperhatikan Wadah Microwave, photo by DetikFood

Ketika menggunakan microwave, kamu tidak bisa memasukkan sembarangan wadah ke dalamnya. Beberapa wadah seperti alumunium foil bisa memicu percikan api di dalam microwave. Sebaiknya, kamu menggunakan wadah berbahan kaca. Beberapa microwave bisa menampung wadah berbahan plastik. Namun, pastikan kembali kalau wadah tersebut tahan panas ya.

Penataan Makanan

Penataan Makanan, photo by Times of India

Kamu mau kan makanan panas secara merata di microwave? Untuk itu kamu perlu mengatur atau menata posisi makanan. Kamu bisa memotong makanan jadi lebih kecil, memutar makanan, membalik makanan, atau mengaduknya. Dengan begitu, makanan bisa mendapatkan panas microwave lebih merata.

Memberi Lubang Udara

Memberi Lubang Udara, photo by All Recipe

Lubang udara dapat memberikan sirkulasi pada makanan ketika dipanaskan. Apabila makanan kamu berada di dalam plastik, pastikan untuk melubanginya terlebih dahulu. Gunanya untuk menghindari letupan panas dari makanan. Sementara itu, jika menggunakan wadah seperti tempat bekal, kamu bisa melepas tutupnya untuk menghindari letupan tersebut.

Do’s & Don’ts Menggunakan Mirowave

Menutup Pintu Microwave dengan Rapat, photo by iStock

Microwave bisa berjalan efektif dan sesuai fungsinya apabila pintu ditutup dengan rapat. Pintu microwave yang masih terbuka bisa menyebabkan makanan tidak panas secara merata. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa pintu microwave tertutup rapat sebelum menggunakannya.

Jangan Digunakan dalam Keadaan Kosong

Jangan Digunakan dalam Keadaan Kosong, photo by Insider

Sebaiknya kamu tidak menggunakan microwave dalam keadaan kosong untuk menghindari kerusakan. Pasalnya, microwave yang dioperasikan tanpa makanan di dalamnya berpotensi mengalami benturan dari dari gelombang mikro ke microwave. Akibatnya, alat pemanas makanan satu ini bisa mengalami kerusakan berat.

Jangan Tinggalkan Microwave Ketika Beroprerasi

Jangan Tinggalkan Microwave Ketika Beroperasi, photo by Healthline

Untuk memastikan proses menghangatkan makanan berjalan dengan aman, kamu sebaiknya tidak meninggalkan microwave saat beroperasi. Selain itu, rata-rata makanan yang dipanaskan di dalam microwave hanya membutuhkan waktu singkat yakni sampai 5 menit.

Hindari Memanaskan Makanan Sekaligus

Hindari Memanaskan Makanan Sekaligus, photo by Greater Good

Masing-masing makanan punya waktu memanaskan berbeda. Hindari mencampurkan berbagai jenis makanan sekaligus untuk dipanaskan ke dalam microwave. Makanan dengan bentuk padat akan lebih lama dipanaskan dibanding yang cair. Selain dari waktu, besaran suhu dalam memanaskan makanan padat lebih besar dibanding makanan cair. Oleh karena itu, kamu bisa gunakan microwave untuk memanaskan makanan secara bergantian berdasarkan jenisnya.

Bersihkan Secara Teratur agar Awet

Bersihkan Microwave Secara Teratur, photo by Food Network

Setelah digunakan, ada kalanya bahan makanan yang dipanaskan menimbulkan cipratan-cipratan dan menempel ke beberapa area microwave. Untuk itu, kamu perlu membersihkan microwave secara teratur agar menghindari kerusakan.

Namun, kamu perlu memperhatikan bahan yang digunakan untuk membersihkan microwave. Hindari pembersih berbahan kimia karena dapat bereaksi terhadap panas. Tips dalam membersihkan microwave yakni dengan menaruh semangkuk air dan irisan lemon. Kemudian, diamkan dalam suhi tinggi selama kurang lebih satu menit. Dengan begitu, microwave bisa bersih tanpa harus menggunakan bahan kimia.

Nah, itu dia cara menggunakan microwave yang bisa kamu lakukan dan pelajari sebagai seorang pemula. Perlu diingat kembali bahwa microwave berbeda dengan oven, fungsinya hanya untuk memanaskan makanan yang sudah matang. Dengan adanya microwave, makan jadi lebih praktis karena hanya perlu dipanaskan dalam 1 - 5 menit. Kehadiran alat ini juga menghemat waktu kamu, bukan? Alat dapur praktis seperti microwave juga tersedia di seluruh unit properti Cove, loh!

Kamu bisa menggunakan cara-cara di atas untuk mengoperasikan dan merawat microwave dengan baik. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan do’s and don’ts dari penggunaan microwave agar tetap awet. Semoga tips dari Cove membantu kamu, ya!