Apartemen VS Kost: Kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan

Sedang bingung menentukan tinggal di apartemen atau tempat kost? Simak kelebihan dan kekurangan dari dua hunian tersebut.

Apartemen VS Kost: Kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan

Memilih hunian yang cocok selama tinggal di perkotaan tidak jarang menjadi urusan pelik. Ada serba-serbi pertimbangan yang mesti ditakar agar sesuai dengan kebutuhan hidup masing-masing, terutama saat pindah ke tempat baru dimana segalanya masih asing.

Diantara sekian banyak pilihan tempat yang tersedia, apartemen dan kost tak pernah luput dari daftar pilihan. Dua jenis hunian ini selalu menjadi pilihan favorit bagi mahasiswa, karyawan, atau bahkan pasangan suami istri.

Keduanya sama-sama punya sisi kekurangan dan kelebihan yang saling mengungguli. Entah itu dari segi biaya, akses lokasi, fasilitas, kondisi lingkungan, keamanan, dan yang tidak kalah penting yaitu soal kenyamanan.

Sebelum memilih apartemen atau kost sebagai tempat tinggal baru, berikut hal-hal yang perlu kita pertimbangkan:

Perbedaan tinggal di apartemen dan kost

Kamar Deluxe di Cove Proklamasi

Secara garis besar, yang membedakan apartemen dan kost adalah layanan serta fasilitas yang diperoleh penghuni untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Di apartemen, penghuni akan disuguhkan dengan berbagai macam fasilitas terbaik mulai dari gym, kolam renang, minimarket, atm, cafe, bahkan ada pula yang menyediakan restoran rooftop.

Penyewa bisa memilih berbagai tipe unit yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tinggal bersama keluarga, tersedia tipe apartemen yang memiliki lebih dari satu kamar.

Ada juga tipe studio, apartemen loft, alcove studio, dan tipe convertible untuk penghuni yang tinggal sendiri atau bersama satu orang teman.

Sementara di kost, pemilik atau pengelola justru lebih berfokus dengan keperluan sehari-hari seperti pembersihan, laundry, konsumsi, dan sebagainya. Layanan ini biasanya sudah termasuk dalam biaya sewa, sehingga penghuni tidak perlu repot membayar lagi.

Penghuni apartemen juga sebenarnya bisa mendapatkan layanan serupa. Tapi, itu semua merupakan layanan terpisah. Penghuni harus mengeluarkan biaya lain diluar harga sewa.

Jika yang kamu cari adalah efisiensi, tinggal di kost adalah pilihan terbaik. Kamu tidak perlu pusing memikirkan urusan rumah seperti tagihan listrik & air, internet, memasak, atau mencuci pakaian, semuanya akan ditangani oleh pemilik atau pengelola.

Tapi, jika kamu lebih membutuhkan kemudahan akses, privasi dan keamanan yang lebih baik, fasilitas penunjang dan perabotan hunian yang sudah tersedia lengkap, maka sebaiknya kamu pilih apartemen.

Selain itu, tinggal di apartemen juga dapat memberikan kenyamanan lebih dengan tata kelola ruangan serta pemandangan yang lebih baik.

Pertimbangan biaya sewa apartemen dan kost

Image: Unsplash

Dari sekian banyak hal yang mesti diperhitungkan, urusan biaya sewa seringkali menjadi pokok utama. Apalagi kalau harus memilih antara tinggal di apartemen dan kost, perbedaan biaya sewanya sangat signifikan.

Walaupun begitu, semuanya kembali lagi dengan tipe unit yang kamu pilih. Tidak jarang satu kamar kost pun bisa dibanderol dengan harga sewa setara unit apartemen. Namun, kenyamanan yang ditawarkan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

Kost eksklusif seperti ini menyediakan sesuatu yang paling dicari oleh para penyewa tanpa harus membayar lebih untuk pekerjaan rumah sehari-hari. Hanya saja fasilitas dan keleluasaan yang didapat belum sebanding dengan yang ditawarkan di apartemen.

Ketika memilih tinggal di apartemen, biaya sewanya sudah tentu lebih tinggi. Kalaupun ada unit apartemen yang dibanderol murah, rata-rata kualitasnya buruk dan tidak nyaman ditempati.

Kamu bisa pertimbangkan untuk tinggal di apartemen jika tidak masalah membayar lebih tinggi demi mendapatkan semua fasilitas dan akses terbaik.

Cove, solusi hunian nyaman untuk menunjang segala kebutuhan

Lobby di Cove Birah, Senopati

Bagaimana jika ada pilihan yang memungkinkan kamu mendapatkan kenyamanan tinggal di apartemen sekaligus kemudahan tinggal di kost dengan biaya serta sistem penyewaan yang lebih efisien? Pilihan seperti itu bisa kamu dapatkan bersama Cove!

Cove menawarkan konsep co-living dimana semua penghuninya akan tinggal di satu atap yang sama sebagai sebuah komunitas dengan berbagai fasilitas, pelayanan, pemeliharaan, serta manajemen yang baik.

Kost co-living kami terletak di sejumlah kawasan strategis di Jakarta dan sekitarnya seperti Tebet, Menteng, Pejaten, Monas, SCBD, dan Karawaci. Penyewa tinggal melakukan pencarian dan reservasi dengan langkah-langkah praktis dan siap huni hanya dalam hitungan hari! Cari tahu infonya disini.