Inilah 3 Pilihan Transportasi Umum di Jakarta Barat!

Inilah 3 Pilihan Transportasi Umum di Jakarta Barat!
Photo from Nuansa Pondok Kelapa

Transportasi umum di Jakarta semakin populer digunakan oleh masyarakat, termasuk oleh warga Jakarta Barat. Hal ini disebabkan oleh peningkatan keamanan dan kenyamanan angkutan umum saat ini, sehingga banyak orang beralih menggunakan transportasi umum untuk kegiatan sehari-hari.

Saat ini, terdapat banyak pilihan transportasi umum yang memadai dan nyaman yang dapat kamu pilih di Jakarta Barat. Ada apa saja ya? Yuk cek selengkapnya di sini!

Transportasi Umum di Jakarta Barat

Bus Transjakarta

Photo from Kompas 

Transjakarta adalah sistem bus rapid transit (BRT) yang mulai beroperasi pada tahun 2004 dengan satu koridor yang menghubungkan Blok M, Jakarta Selatan, dan Kota Jakarta Barat. BRT sendiri adalah sistem bus kota yang beroperasi di jalur terpisah, memiliki pemberhentian (halte) yang terpisah dan biasanya berada di tengah jalan raya, menggunakan sistem pembayaran di luar bus, dan beroperasi dengan pola yang cepat; mirip dengan sistem angkutan umum massal berbasis rel dan lebih dapat diandalkan daripada bus kota konvensional.

Saat ini Transjakarta memiliki empat belas koridor utama dan ratusan rute non koridor atau lintas koridor yang berfungsi sebagai pengumpan (feeder) atau penghubung bagi pengguna Transjakarta ke koridor utama atau lintasan beberapa koridor sekaligus.

Nah, berbeda dengan transportasi umum lain yang memiliki tarif serupa di setiap jam, Transjakarta memiliki harga yang berbeda sesuai jamnya nih, yaitu Rp2.000 pada pukul 05.00 - 07.00, Rp3.500 pada pukul 07.00 - 05.00 WIB.

Rute Transjakarta & Jam Operasional

Secara umum, terdapat dua jenis rute Transjakarta, yaitu Rute Reguler BRT (Bus Rapid Transit) dan Reguler Non-BRT. Saat ini, sebanyak 14 dari 19 koridor utama telah beroperasi. Koridor pertama, Blok M - Kota, mulai beroperasi pada tahun 2004. Sebagian besar rute memiliki jalur khusus yang terpisah dari jalur kendaraan pribadi. Untuk lengkapnya, kamu bisa melihat foto di bawah ini ya:

Photo from JakLingko 

Buat kamu yang ingin naik Transjakarta, transportasi umum ini beroperasi pada pukul 05.00 - 22.00 WIB. Namun, terdapat beberapa koridor di mana bus beroperasi selama 24 jam, ya.

KRL (Kereta Rel Listrik) / Commuterline

Photo from Kompas 

Kereta Commuter Line adalah layanan kereta rel listrik komuter yang dijalankan oleh PT Kereta Commuter Indonesia, sebuah anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

KRL merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, dengan waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. Selain itu, biaya perjalanan menggunakan KRL juga sangat terjangkau.

Ada dua jenis tiket yang tersedia, yaitu Kartu Multi Trip dan Tiket Harian Berjalan. Kartu Multi Trip (KMP) dapat digunakan untuk perjalanan berlanjut, sehingga kamu dapat menggunakan kartu tersebut untuk perjalanan selanjutnya.

Harga Kartu Multi Trip (KMP) adalah Rp50 ribu dengan saldo awal sebesar Rp30 ribu. Kamu dapat mengisi ulang saldo kartu ini di loket atau vending machine yang tersedia.

Sementara itu, Kartu Harian Berjalan (THB) digunakan untuk satu perjalanan saja, dengan biaya Rp14 ribu untuk sampai ke stasiun tujuan. Kartu ini dapat digunakan kembali untuk perjalanan berikutnya dengan biaya tambahan sebesar Rp4 ribu-Rp5 ribu.

Setelah selesai digunakan, kamu dapat mengembalikan kartu ini di loket pembelian tiket. Namun, kartu ini hanya berlaku selama tujuh hari. Jika tidak digunakan dalam periode tersebut, kartu ini akan hangus dan tidak dapat digunakan. Hemat, ya?

Rute KRL & Jam Operasional

Photo from Wikipedia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, KRL merupakan salah satu transportasi umum dengan rute terluas yang menghubungkan berbagai daerah. Terdapat hingga 9 stasiun KRL di Jakarta Barat yang bisa kamu datangi, yaitu:

1. Stasiun Kalideres

2. Stasiun Rawa Buaya

3. Stasiun Duri

4. Stasiun Angke

5. Stasiun Bojong Indah

6. Stasiun Palmerah

7. Stasiun Grogol

8. Stasiun Taman Kota

9. Stasiun Pesing

Oh ya, untuk jam operasional, KRL mulai beroperasi pukul 03.00 hingga 23.59 WIB, ya! Untuk jadwal terupdate, kamu bisa melihat informasinya di https://commuterline.id/perjalanan-krl/jadwal-kereta.

Mikrotrans

Photo from Liputan6 

Mikrotrans adalah istilah untuk mobil angkutan perkotaan (angkot) yang terhubung dalam sistem JakLingko. Sejak tahun 2018, pemerintah provinsi DKI Jakarta telah mengubah angkutan umum ini agar dapat terintegrasi dengan transportasi publik lainnya. Selain perubahan dalam sistem, fasilitas pada angkot ini juga telah ditingkatkan. Kendaraan umum yang dapat menampung hingga 12 penumpang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti AC, pintu sliding otomatis, TV widescreen, tombol darurat, palu pemecah kaca, running text yang menampilkan informasi rute, kamera CCTV, GPS, dan kursi yang dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Oh ya, kabar baiknya, kamu bisa naik Mikrotrans gratis alias Rp0, lho! Keren banget, ya?

Rute Mikrotrans & Jam Operasional

Mikrotrans beroperasi pukul 05.00 - 22.00 WIB dengan 89 rute yang meliputi seluruh area Jakarta, termasuk Jakarta Barat. Untuk rute lengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman resmi Transjakarta, ya!

Memilih transportasi umum yang tepat dapat membuat perjalanan kamu lebih lancar dan efisien. Pertama, pastikan untuk memeriksa jadwal dan rute transportasi yang tersedia. Pilihlah transportasi yang memiliki jadwal yang sesuai dengan jadwal kamu sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama di halte atau stasiun. Kedua, perhatikan tingkat keamanan transportasi tersebut. Pilihlah transportasi yang memiliki sistem keamanan yang baik, seperti adanya petugas keamanan atau CCTV, terutama jika kamu melakukan perjalanan pada malam hari. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan kebersihan dan kenyamanan transportasi umum yang kamu pilih.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, kamu dapat memilih transportasi umum yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Selain itu, penggunaan transportasi umum juga dapat membantu mengurangi kemacetan dan polusi udara, sehingga memberikan dampak positif bagi lingkungan. Dengan demikian, memilih transportasi umum yang tepat bukan hanya menguntungkan bagi kamu secara pribadi, tetapi juga bagi lingkungan sekitar.